Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui

Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui
Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui

Para bunda yang menyusui mungkin sedang bingung memutuskan untuk berpuasa di bulan suci atau tidak? Di dalam hukum Islam, sebenarnya ibu menyusui tidak memiliki keharusan untuk berpuasa. Sebagai gantinya, mereka dapat membayar fidyah atau mengganti puasa di luar bulan Ramadan.

Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Meski secara medis masih banyak perbedaan pendapat, bahkan ada beberapa dokter yang tidak menyarankan ibu hamil untuk berpuasa, terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan manfaat berpuasa bagi ibu menyusui. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Mencegah Penyakit
READ  Beberapa Pekerjaan Minim Stres dengan Gaji Rp1,5 M per Tahun

Kelebihan trigliserida dan kolesterol akan mempengaruhi kualitas ASI. Jika ASI yang diberikan berkualitas buruk, maka akan sangat mudah anak terjangkit oleh penyakit. Dengan berpuasa ketika sedang menyusui, maka kondisi kesehatan ibu dan bayi akan selalu terjaga.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa bisa menurunkan kadar kolesterol. Apabila kadar kolesterol turun, maka hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah lebih sehat. Ibu menyusui yang memiliki jantung sehat, maka secara otomatis produksi ASI juga meningkat.

  1. Menetralkan Racun
READ  Tujuan dan Manfaat Keluarga Berencana, Sehat dan Sejahtera!

Dengan berpuasa bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mengurangi asupan makanan tidak sehat yang masuk ke tubuh sehingga bisa membatasi jumlah asupan kalori kosong dan lemak jenuh. Tubuh pun bisa menghasilkan enzim antioksidan alami yang mampu membersihkan racun atau zat kimia berbahaya dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Ketika berpuasa, mesin-mesin pencernaan akan mampu menjalankan fungsinya lebih sempurna karena asupan makanan berhenti disuplai selama lebih dari 10 jam. Hal ini juga dapat membantu mengistirahatkan sistem pencernaan, sehingga fungsinya dapat tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan.

  1. Menjaga Kesehatan Psikologis Ibu
READ  Spion Elektrik Dilipat Paksa? Ini Efek Buruk Yang Mengintai

Tidak hanya menahan lapar dan haus saja, puasa juga melatih untuk menahan diri dari hawa nafsu seperti marah. Dengan berpuasa tentu saja ibu harus menahan amarahnya agar pahalanya tidak berkurang. Hal ini akan sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit stroke, pembuluh darah, jantung koroner dan lain sebagainya.