Manfaat Pull Up: Tubuh Lebih Kuat dan Sehat!

Manfaat Pull Up: Tubuh Lebih Kuat dan Sehat!
Manfaat Pull Up: Tubuh Lebih Kuat dan Sehat!

“Mens sana in corpore sano,” adalah sebuah kalimat dalam bahasa latin yang memiliki arti “Dalam tubuh yang sehat terdapa jiwa yang kuat.” Oleh karena itu, untuk mendapatkan jiwa yang kuat diperlukan tubuh yang sehat.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dan di mana pun, salah satunya adalah pull up. Aktivitas ini dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas, terutama pada bagian tangan dan punggung, serta berbagai dampak kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat pull up secara maksimal, kamu hanya memerlukan tumpuan yang kuat seperti di gym, palang tinggi maupun ventilasi pintu rumah.

READ  Maestro Tari Didik Nini Thowok Terima Penghargaan Akademi Jakarta 2022

Manfaat Pull Up untuk Kesehatan

Beberapa manfaat dari olahraga pull up di bawah ini bisa kamu rasakan jika kamu konsisten dan terus menerapkan hidup sehat dengan menjaga pola makan sehat:

  1. Membentuk Otot Lengan dan Bahu

Tak hanya otot punggung, otot lengan dan bahu juga dilatih kekuatannya dengan melakukan olahraga pull up. Hal ini disebabkan pada gerakan pull up berpusat pada kedua bagian tubuh tersebut.

Jadi, bagi kamu yang ingin membentuk dan memperkuat lengan dan bahu, sebaiknya lakukan gerakan ini secara rutin.

  1. Melatih Persendian
READ  Bukan Harta Melimpah, Ini 2 Hal yang Bikin Bill Gates Bahagia

Selain meningkatkan kekuatan otot, olahraga pull up juga meminimalisir rasa nyeri akibat radang persendian. Khususnya pada punggung bagian bawah yang sering muncul akibat dari penyakit arthritis atau radang sendiri maupun kondisi lainnya.

Akan tetapi gerakan pull up hanya bisa meredakan gejala nyeri yang ditimbulkan. Untuk mengobati penyakit tersebut, tentunya dibutuhkan penanganan lebih lanjut.

  1. Meningkatkan Genggaman Tangan

Fungsi pull up juga berguna untuk meningkatkan kekuatan genggaman tangan. Alasannya, karena saat melakukan olahraga ini, bagian telapak tangan akan menggenggam pull up bar sekuat tenaga guna menahan tubuh.

READ  Cak Thoriq Tuntaskan Pembagian BLT Dana Cukai Tembakau untuk 7.043 Keluarga di Lumajang

Memiliki kekuatan genggaman tangan yang kuat tentu sangat berguna, terlebih bagi kamu yang sering melakukan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan kekuatan genggaman tangan. Seperti bermain bulu tangkis, golf bahkan untuk mengangkat barang-barang berat.

  1. Mencegah Diabetes

Pull up juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar terhindar dari diabetes, yaitu khususnya diabetes tipe dua.

Sedangkan, apabila kamu sudah terlanjur menderita diabetes tipe 2, maka gerakan ini bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh tetap normal.