Manfaat Seledri: Daun Beraroma Khas, Khasiat Tak Terbatas

Manfaat Seledri: Daun Beraroma Khas, Khasiat Tak Terbatas
Manfaat Seledri: Daun Beraroma Khas, Khasiat Tak Terbatas

Kamu pasti sudah tidak asing dengan sayuran daun yang satu ini. Seledri merupakan sayuran pelengkap yang sering kita temukan pada sup atau lalapan.

Selain itu, masyarakat khususnya di Asia mempercayai khasiat seledri untuk obat herbal tradisional. Sedangkan di Eropa mereka memanfaatkan seledri mulai dari daun, buah, tangkai, hingga umbinya.

Meskipun begitu makan seledri berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan reaksi alergi. Kamu bisa mengombinasikan seledri dengan sayuran dan bahan makanan lain seperti daging untuk meningkatkan nilai gizinya.

Manfaat/Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung dalam sayuran ini sangat banyak tidak heran khasiat seledri juga membawa keuntungan untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa contoh manfaat makan seledri yang bisa kamu dapatkan:

  1. Sumber Antioksidan
READ  Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas Shell Marunda Meningkat Dobel

Antioksidan banyak ditemukan pada buah dan sayur-sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan seledri. Beberapa jurnal kesehatan menyebutkan, setidaknya ada 12 jenis antioksidan yang terdapat pada sebatang daun seledri.

Antioksidan sendiri berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan sehingga mencegah timbulnya berbagai penyakit serius seperti kanker, penuaan dini.

Kamu bisa memadukan antara konsumsi seledri dengan makanan sehat tinggi nutrisi lainnya untuk memenuhi asupan gizi harian.

  1. Memberikan Efek Alkali

Kondisi pH normal dalam tubuh umumnya berkisar 7,35 pH – 7,45 pH. Kurang dari 7 maka tubuh terlalu asam, sedangkan lebih dari 7 menyebabkan tubuh dalam keadaan basa.

Kondisi tubuh asam dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, mual, muntah, napas bau, penyakit kuning, dan mudah lelah. Sedangkan kondisi tubuh basa dapat memicu masalah seperti nyeri otot, kesulitan bernapas, hingga aritmia.

READ  Kenalan dengan Metode Lamaze untuk Persiapan Persalinan

Kadar pH tidak seimbang umumnya disebabkan oleh makanan tinggi lemak. Seledri memiliki efek alkali yang dapat menjaga pH tubuh tetap seimbang.

  1. Memelihara Sistem Pencernaan

Pada satu cangkir seledri terdapat 5 gram serat makanan dan banyak kandungan air yang bagus untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Kandungan antioksidan, tanin, flavonoid, termasuk senyawa organik apiuman terbukti mengurangi gejala tukak lambung, dan memberikan perlindungan pada lambung dan usus besar.

Tentunya mengonsumsi seledri saja tidak cukup untuk memelihara kesehatan pencernaan jika kamu masih menerapkan pola hidup tidak sehat seperti makan-makanan terlalu berlemak, terlalu pedas, dan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tinggi.

  1. Mencegah Dehidrasi
READ  Jadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh Nyanyikan Indonesia Raya dengan Baik

Tahukah kamu, seledri terdiri dari 95 persen air dan kaya akan mineral potassium zat untuk bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Cobalah untuk rutin konsumsi satu gelas jus seledri setelah berolahraga agar tubuh kembali segar dan terasa bugar meskipun habis olahraga.

  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat daun seledri memiliki kemampuan mengurangi asam urat dan meningkatkan produksi urin. Oleh sebab itu, rutin minum jus seledri dapat mencegah timbulnya bakteri pada saluran pencernaan dan organ reproduksi.

Selain itu, selalu menjaga kebersihan organ reproduksi juga dapat mencegah kamu dari penyakit infeksi saluran kemih akibat bakteri dan jamur.