Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Susu Sapi – Susu adalah salah satu minuman yang mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Saat ini, kebanyakan orang mengonsumsi susu dalam kemasan ketimbang susu sapi murni. Memang apa bedanya?

Jelas beda, susu sapi murni atau susu murni yakni jenis susu yang kandungan nutrisinya tidak memiliki penambahan atau pengurangan apa pun. Selain itu, susu sapi murni tidak melalui banyak tahap proses pengolahan.

Susu sapi murni kebanyakan tidak melewati proses pasteurisasi atau UHT (ultra high temperature). Sehingga kandungan dalam susu sapi murni tentunya masih terjaga, Kamu.

Bila kamu sering minum susu sapi murni hanya untuk kesehatan gigi dan tulang, kamu salah besar. Manfaat susu sapi murni bahkan lebih dari itu. Kandungan susu sapi murni yang kaya akan nutrisi ini memberikan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan juga kecantikan, lho.

READ  Dibanderol Rp 632 Jutaan, KTM RC 8 C Ludes Terjual dalam Waktu 2 Menit

Mau tahu apa saja kandungan juga manfaat susu sapi murni? Segera simak uraian di bawah ini ya!

Kandungan Susu Sapi Murni

Susu menjadi pilihan sebagai sumber nutrisi untuk menunjang pertumbuhan. Ahli nutrisi mengatakan bahwa di dalam kandungan susu sapi murni terdiri dari kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, vitamin A, dan vitamin B12.

Ada pula kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalori, riboflavin, niacin, kolin, zinc, asam amino, asam linoleat serta potasium.

Nutrisi dan senyawa tersebut membantu untuk memenuhi nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh selain dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

READ  Wapres Prioritaskan Pengembangan Pendidikan Vokasi Bagi Orang Asli Papua

Manfaat Susu Sapi Murni

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Manfaat susu sapi yang pertama yakni membantu pertumbuhan tulang. Dikatakan demikian sebab kalsium juga mineral yang kaya ada dalam kandungan susu sapi. Susu sapi juga diperkaya dengan vitamin D dan fosfor yang membantu menambah kesehatan tulang.

  1. Menyehatkan Jantung

Susu sapi sebagai sumber potasium ternyata mampu menyehatkan fungsi jantung. Potasium dalam kandungan susu sapi mampu menstabilkan darah dan tekanan darah.

Tentunya ini akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan kemungkinan risiko penyakit jantung juga menurun.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan susu sapi yang kaya akan vitamin D mampu memainkan peran dalam pertumbuhan sel dan perlindungan kanker. Kalsium dan laktosa dalam kandungan susu sapi juga berguna untuk mencegah kanker ovarium, lho Kamu.

  1. Membantu Pembentukan Massa Otot
READ  Modifikasi Mobil Agar Irit BBM Bisa Pakai Cara Ini, Tapi Ada Efek Lainnya

Kandungan protein yang ada dalam susu sapi bisa membantu pembentukan massa otot. Khasiat susu sapi murni yang satu ini umumnya digunakan oleh olahragawan untuk memperbaiki otot yang mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, kandungan lemak jenuh dalam susu sapi murni mampu mencegah penguraian massa otot sebagai energi.

  1. Menurunkan Risiko Radang Sendi

Seperti yang telah disebutkan di atas, susu sapi murni adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang. Dalam kandungan susu sapi terdapat vitamin K juga magnesium yang baik untuk menurunkan risiko radang sendi atau osteoporosis.