Manfaat Tawas untuk Kecantikan, Bukan Hanya untuk Ketiak!

Manfaat Tawas untuk Kecantikan, Bukan Hanya untuk Ketiak!
Manfaat Tawas untuk Kecantikan, Bukan Hanya untuk Ketiak!

Kamu mungkin mengenal tawas sebagai bahan yang bermanfaat sebagai deodoran alami ketiak, namun ternyata tawas juga memiliki memiliki beragam manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan yang belum diketahui.

Tawas atau alum adalah bongkahan kristal yang terbuat dari air dan garam mineral bernama alium. Hal ini membuatnya mudah larut dalam air untuk digunakan atau diaplikasikan pada tubuh.

Sejak ratusan tahun lalu, tawas juga sudah dipercayai dapat mengatasi bau badan secara alami. Selain itu, apa saja manfaat dari tawas untuk kecantikan? Simak ulasan lengkapnya berikut!

READ  Pilihan Scrub Bibir dari Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Manfaat Tawas untuk Kecantikan

Tawas mengandung astringent yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mengencangkan kulit, meredakan peradangan, dan mengurangi minyak pada kulit. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat tawas untuk kecantikan berikut:

  1. Atasi Bau Badan

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari tawas adalah dapat mengatasi bau badan terutama pada ketiak. Kamu bisa mencampurkan bubuk tawas bersama dengan sedikit mur atau bubuk kayu damar.

Gunakan bubuk tersebut sebagai bedak tabur ke ketiak atau seluruh tubuh dan gunakan setiap dua hari sekali.

  1. Obati Sariawan dan Bau Mulut
READ  Menko Luhut: Gernas BBI Tingkatkan Belanja Produk Dalam Negeri hingga Cegah Korupsi

Tawas dapat mengatasi penumpukan bakteri di mulut yang sering kali menghasilkan sariawan dan bau mulut. Selain itu, tawas juga dapat mengobati infeksi jamur Candida albicans dan Candida tropicalis pada gigi.

Untuk memakai sebagai obat kumur, rebuslah air dengan sedikit garam dalam panci sampai mendidih. Kemudian, tuangkan bubuk tawas dan aduk sampai larut. Gunakan larutan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil yang efektif.

  1. Menghentikan Pendarahan dan Luka

Tawas dapat menghentikan pendarahan dan luka karena merupakan agen hemostatik yang efektif dalam mengontrol perdarahan jaringan parenkim hati.

READ  Keuntungan dan Kerugian Tukar Tambah Mobil (Trade In)

Kamu bisa menaburkan bubuk tawas pada bagian luka yang berdarah. Namun jika pendarahan cukup parah, segera lakukan perawatan medis profesional.