Manfaat Temu Ireng: Obat Tradisional Tak Terduga

Manfaat Temu Ireng: Obat Tradisional Tak Terduga
Manfaat Temu Ireng: Obat Tradisional Tak Terduga

Sejak pandemi, banyak orang menjadi lebih memperhatikan faktor kesehatan. Banyak cara agar tetap sehat. Seperti olahraga, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta memanfaatkan tanaman obat herbal. Apakah kamu salah satunya, Kamu?

Salah satu herbal yang dipercaya memiliki banyak khasiat adalah temu ireng. Temu ireng atau disebut juga dengan temu hitam adalah tanaman rimpang yang telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Nah, dengan apa yang terkandung di dalamnya, tak perlu heran jika temu ireng memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak daftar khasiatnya berikut ini:

  1. Sumber Antioksidan
READ  Manfaat Gandum: Biji-bijian Sehat, Tangkal Obesitas

Temu ireng merupakan sumber antioksidan alami yang baik bagi tubuh. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan pasa sel-sel tubuh.

Dengan asupan antioksidan yang cukup, tubuhmu bisa terhindar dari kemungkinan penyakit kanker dan kardiovaskuler.

  1. Menambah Nafsu Makan

Apakah kamu memiliki masalah dengan nafsu makan yang berkurang? Temu ireng bisa menjadi soulusinya, lho! Hal ini karena temu ireng memiliki kandungan kurkumin.

Kandungan ini bisa meningkatkan nafsu makan dengan baik. Sehingga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang ingin menaikkan berat badan dengan menambah porsi makan.

  1. Baik bagi Kesehatan Kulit
READ  BTS Raih Tiga Penghargaan di Golden Disc Award 2023

Tak hanya menggunakan skincare, kamu juga perlu menutrisi kulitmu dari dalam. Nah, temu ireng bisa menjadi salah satu cara untuk menutrisi kulit.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada temu ireng bisa menjaga kulit dari radikal bebas dan penuaan dini. Sehingga kesehatan dan kecerahan kulit akan terjaga.

  1. Membantu Menyembuhkan Luka

Apakah kamu baru saja terjatuh atau memiliki luka? Tak perlu khawatir, kamu bisa mempercepat penyembuhannya dengan temu ireng, Kamu!

Temu ireng memiliki kandungan antibakteri. Kandungan antibakteri ini bisa mencegah terjadinya inflamasi pada luka.

READ  Wapres Prioritaskan Pengembangan Pendidikan Vokasi Bagi Orang Asli Papua