Manfaat Udang: Seafood Lezat Cerdaskan Otak

Manfaat Udang: Seafood Lezat Cerdaskan Otak
Manfaat Udang: Seafood Lezat Cerdaskan Otak

Udang merupakan salah satu hewan laut yang cukup populer akan cita rasanya yang lezat. Selain rasanya yang manis, gurih digemari banyak orang, seafood satu ini juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh.

Seluruh bagian dari udang bisa diolah menjadi makanan dan memiliki nutrisinya masing-masing. Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan bila mengonsumsinya secara teratur adalah mencegah anemia dan meningkatkan fungsi otak.

Hewan yang mampu tinggal di perairan air tawar dan asin ini memang cukup spesial, tidak hanya rasanya yang lezat namun terdapat berbagai manfaat bagi tubuh yang bisa kamu terima:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
READ  Manfaat Daun Singkong: Bukan Lalapan Biasa

Jenis antioksidan utama dalam udang adalah karotenoid yang disebut astaxanthin. Kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Ketika mengonsumsi astaxanthin, maka kamu dapat terlindungi dari peradangan dan efek samping radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

  1. Mampu Tingkatkan Fungsi Otak

Olahan laut satu ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu mengikat oksigen dalam hemoglobin. Secara langsung, fungsi ini dapat membantu mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju seluruh jaringan tubuh termasuk otak.

Fungsi otak dapat meningkatkan bila kebutuhan oksigen terpenuhi dengan baik, termasuk dalam mengoptimalkan kemampuan pemahaman dan konsentrasi seseorang.

  1. Menghindari Osteoporosis
READ  Alat Musik Asli Indonesia Angklung Jadi Google Doodle

Udang memiliki berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan bagi tubuh, dari kandungan fosfor, kalsium hingga kalium.

Kandungan kalsium dan fosfor sendiri berfungsi untuk menghindari penurunan atas kualitas, massa serta kekuatan tulang. Kehilangan kualitas tulang sendiri menjadi gejala awal dari osteoporosis.

  1. Menghindari Anemia

Hewan laut ini memiliki kandungan yang penting dalam mencegah anemia pada tubuh. Kandungan zat besi serta vitamin B12 yang terkandung dalam udang mampu membantu pembentukan sel darah merah.

Dengan memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh dan didorong dengan vitamin yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, maka kamu tidak perlu khawatir akan terkena anemia.

  1. Menghindari Gondok dan Kemandulan
READ  Mengenal Gaya dan Pola Belajar Anak: Visual, Auditori, Kinestetik

Yodium yang terkandung dalam udang memiliki fungsi yang penting dalam memenuhi nutrisi tubuh.

Zat ini hanya dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan, tubuh sangat membutuhkan asupan yodium yang cukup untuk mendukung kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Bila kamu tidak mendapatkan asupan yodium yang cukup, maka akan ada resiko penyakit gondok dan ketidaksuburan. Bahkan bisa memicu penyakit kronis lainnya.

Dengan mengonsumsi udang secara rutin dan dalam jumlah yang wajar, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan yodium dengan baik.