Manfaat Vitamin B12, Cara Konsumsi dan Efek Sampingnya

Manfaat Vitamin B12, Cara Konsumsi dan Efek Sampingnya
Manfaat Vitamin B12, Cara Konsumsi dan Efek Sampingnya

Tubuh memerlukan nutrisi agar dapat bekerja secara optimal. Nutrisi yang diperlukan tubuh sebagian besar terdapat dalam makanan dan minuman sehat.

Tubuh memerlukan berbagai nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, mineral, serta, juga berbagai vitamin. Umumnya, orang hanya mengetahui makanan yang mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, juga vitamin D saja.

Jenis vitamin di atas tentu bermanfaat untuk kesehatan dan nutrisi tubuh, tapi tahukah Kamu ada pula vitamin B12 yang ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk tubuhmu?

Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang masuk ke dalam kelompok vitamin B kompleks. Vitamin B12 atau yang dikenal sebagai Cyanocobalamin ini adalah jenis vitamin yang larut dalam air.

Berbeda dengan vitamin pada umumnya yang dapat diproduksi di dalam tubuh, vitamin ini terikat pada protein dalam makanan. Jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B12 terdapat pada ikan, daging, telur, dan produk olahan susu.

READ  Manfaat Menyusui Langsung Bagi Bunda dan Si Kecil

Asam di dalam perut melepaskan vitamin B12 yang terdapat pada makanan-makanan tersebut pada saat pencernaan. Nantinya, vitamin B12 bergabung dengan komponen lainnya agar bisa diserap ke aliran darah.

Lalu, apa sih sebenarnya fungsi atau manfaat vitamin B12 bagi kesehatan tubuh kita?

Fungsi & Manfaat Vitamin B12

Tidak banyak yang tahu bila manfaat vitamin B12 ternyata banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Tidak jarang juga orang abai akan manfaat vitamin B12 ini.

Padahal, bila kekurangan vitamin B12 orang akan mengalami anemia yang mana dalam hal ini kekurangan sel darah merah atau fungsi sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ulasan mengenai manfaat vitamin B12, simak baik-baik ya!

  1. Mencegah Anemia
READ  Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Kerumunan Kacau

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat vitamin B12 dapat dirasakan untuk mencegah anemia. Vitamin B12 bekerja membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Anemia sendiri merupakan kondisi kekurangan darah yang ditandai dengan gejala seperti lemah, letih, lesu, juga kulit yang memucat.

  1. Mencegah Demensia

Manfaat vitamin B12 lainnya yakni mencegah demensia. Terdapat satu penelitian yang menyatakan bahwa kurangnya kadar vitamin B12 dapat memperburuk memori.

Demensia adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat juga cara berpikir. Perlu diingat, demensia berbeda dengan pikun ya Kamu.

Demensia bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari penderitanya mulai dari gaya hidup hingga kemampuan bersosialisasi.

  1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Fungsi vitamin B12 selanjutnya adalah mengurangi risiko cacat lahir. Jumlah vitamin B12 yang diperlukan oleh wanita hamil yakni kurang lebih 250 mg/dL untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf.

READ  Manfaat Masker Charcoal untuk Wajah, Jadi Bersih Maksimal!

Kekurangan vitamin B12 di masa awal kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran. Untuk itu, sebaiknya wanita hamil juga mengkonsumsi susu ibu hamil sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12.

  1. Mencegah Osteoporosis

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin B12 memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah. Resiko akan kepadatan tulang yang rendah ini umumnya terjadi pada wanita.

Kepadatan tulang yang rendah ini lama kelamaan membuat tulang mudah rapuh, sehingga dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

  1. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Selanjutnya, vitamin B12 juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang terkait dengan penuaan, sehingga umumnya terjadi pada orang dengan usia lanjut.