Mengapa Masyarakat Perlu Punya Kendaraan Listrik?

Mengapa Masyarakat Perlu Punya Kendaraan Listrik?
Mengapa Masyarakat Perlu Punya Kendaraan Listrik?

Saat ini, rencana pemerintah untuk melakukan pemberian insentif bagi masyarakat yang membeli kendaraan listrik dinilai sangat diperlukan. Hal tersebut juga dalam rangka menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Indonesia sendiri sudah berkaca dari sejumlah negara dengan ekosistem kendaraan listrik dengan grafik peningkatan yang positif.

Rencananya pemberian insentif dari pemerintah akan diberikan untuk pembelian kendaraan listrik, baik mobil maupun sepeda motor, khususnya unit produksi oleh merk yang memiliki pabrik di Indonesia. Wajar saja jika nantinya, semakin banyak merk kendaraan yang akan lebih gencar mengembangkan produk kendaraan listrik dan hybrid untuk pasar Tanah Air.

READ  Chery Siapkan SUV Baru, Kental sebagai Mobil Offroad

Banyak alasan yang membuat masyarakat perlu memiliki kendaraan listrik. Sebagaimana kita ketahui bersama, kendaraan listrik adalah kendaraan yang dapat digerakkan sepenuhnya menggunakan energi listrik dari baterai. Layaknya smartphone atau perangkat elektronik lain yang menggunakan baterai, kendaraan listrik baru bisa digunakan jika baterai sudah terisi. Jika daya baterai berkurang, maka para pengendara bisa mengisi ulang kembali.

Keberadaan kendaraan listrik di Tanah Air mulai terlihat marak dan digunakan oleh sebagian masyarakat perkotaan. Hal itu disebabkan sudah banyak konsumen yang memahami manfaat dari penggunaan kendaraan listrik tersebut. Berikut ada sejumlah alasan kenapa harus mempunyai kendaraan listrik:

READ  Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20

Motor penggerak senyap

Motor listrik punya karakter suara yang halus dan senyap. Sebagai contoh, pengendara kendaraan listrik, khususnya motor listrik, tidak perlu mematikan mesin saat sedang berkendara di gang atau di jalan yang sempit karena takut mengganggu kenyamanan dan ketenangan warga sekitarnya. Terlebih lagi, bebas polusi suara dan polusi gas buang.

Efisiensi lebih maksimal

Kelebihan dari kendaraan listrik adalah memiliki efisiensi yang cukup tinggi jika dibandingkan kendaraan bermotor yang mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM). Motor listrik memiliki efisiensi yang mencapai hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan mesin pembakaran internal. Maka tidak mengherankan jika ‘running cost’ kendaraan listrik jauh lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan peminum BBM.

READ  Daftar Mobil SUV Murah di Indonesia, Tangguh di Berbagai Medan

Mudah dalam perawatan

Pengguna kendaraan listrik tidak perlu risau mengeluarkan biaya yang besar ketika melakukan servis maupun perawatan berkala. Sebabnya, jumlah komponen motor listrik pada kendaraan tersebut juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin konvensional. Sehingga biaya perawatan akan menjadi lebih minim.