Mengenal Tentang Berdirinya Otomotif Mobil Volkswagen

Volkswagen, sebuah perusahaan otomotif Jerman yang terkenal, didirikan pada tahun 1937 sebagai https://www.amoralin.com/ bagian dari proyek besar yang dikenal dengan nama “KdF-Wagen” atau “Kraft durch Freude Wagen,” yang berarti “Mobil Kekuatan Melalui Kesenangan” dalam bahasa Jerman. Proyek ini diinisiasi oleh Adolf Hitler dengan tujuan menyediakan kendaraan yang terjangkau bagi masyarakat Jerman pada masa itu.

Berikut adalah beberapa langkah kunci dalam berdirinya Volkswagen:

  1. Pendirian Perusahaan:
    • Volkswagen didirikan pada 28 Mei 1937 oleh Deutsche Arbeitsfront (DAF), sebuah organisasi pekerja Jerman yang dikendalikan oleh Partai Buruh Nasional Sosialis. DAF ingin menciptakan mobil rakyat yang terjangkau untuk masyarakat Jerman.
  2. Desain Mobil Rakyat:
    • Ferdinand Porsche, seorang insinyur otomotif terkenal, dipekerjakan untuk merancang mobil rakyat yang ekonomis dan praktis. Mobil ini kemudian dikenal sebagai Volkswagen Beetle atau K√§fer.
  3. Pabrik Wolfsburg:
    • Pada 1938, pembangunan pabrik Volkswagen dimulai di Wolfsburg, sebuah kota di Hilir Sungai Aller, Jerman. Pabrik ini awalnya dirancang untuk memproduksi mobil rakyat, tetapi perang dunia kedua (1939-1945) menghentikan produksi secara massal.
  4. Peran Perang:
    • Selama Perang Dunia II, pabrik Volkswagen di Wolfsburg beralih fungsi menjadi fasilitas produksi untuk keperluan perang, termasuk produksi kendaraan militer.
  5. Pemulihan Pasca Perang:
    • Setelah Perang Dunia II berakhir, pabrik Volkswagen di Wolfsburg berada di bawah kendali pihak Sekutu. Pada 1945, Inggris mengambil alih kendali pabrik ini dan melihat potensi besar dalam mobil Beetle.
  6. Pengembangan dan Ekspansi:
    • Dengan berbagai perbaikan dan pengembangan, Volkswagen Beetle menjadi ikon otomotif. Pada tahun 1949, Volkswagen resmi dinasionalisasi dan diambil alih oleh pemerintah Jerman Barat.
  7. Ekspansi Global:
    • Volkswagen Beetle menjadi populer di seluruh dunia, membantu Volkswagen mengembangkan pasar globalnya. Selama beberapa dekade, perusahaan ini terus berkembang dan menambahkan berbagai model mobil ke dalam lini produknya.
READ  Infografis Memburu Gembong Narkoba Internasional Fredy Pratama Bersandi Escobar

Hingga saat ini, Volkswagen telah menjadi salah satu produsen mobil terbesar di dunia dengan lini produk yang mencakup berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil penumpang, SUV, dan mobil listrik. Meskipun sejarahnya terkait dengan periode kontroversial sebelum dan selama Perang Dunia II, Volkswagen telah menjadi salah satu merek otomotif yang sangat diakui dan sukses secara global.