Mobil Kelamaan Nganggur di Rumah, Perlu Cabut Aki atau Enggak?

Mobil Kelamaan Nganggur di Rumah, Perlu Cabut Aki atau Enggak?
Mobil Kelamaan Nganggur di Rumah, Perlu Cabut Aki atau Enggak?

Seiring pemberlakuan PPKM Darurat, sebagian besar masyarakat mungkin banyak yang mengistirahatkan mobil di garasi rumahnya. Ketika tak digunakan dalam waktu yang cukup lama, mungkin ada pemilik mobil yang bertanya-tanya apakah mereka perlu melakukan cabut aki pada mobil kesayangannya.

Sebagian orang beranggapan, melepas kabel aki perlu dilakukan guna menghindari aki soak akibat terlalu lama tak dipakai. Namun sebagian lainnya mengatakan tak perlu cabut aki supaya pemilik mobil bisa memanaskan mobilnya secara rutin. Jadi, mana yang sebaiknya dilakukan?

READ  Motor Listrik Polytron Fox R, Harga Murah Tapi Baterai Sewa

Menjawab banyaknya kebingungan itu, Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, mengatakan perlu atau tidaknya melepas kabel aki mobil, perlu dilihat dari berbagai faktor. Mulai dari seberapa lama mobil tersebut akan ditinggalkan, serta posisi mobil tersebut diparkirkan.

Apabila mobil tersebut hanya didiamkan dan tak dipakai selama 7-10 hari, maka sebaiknya tak perlu melepas kabel aki. “Tidak perlu mencopot kabel aki. Karena supaya bisa rutin dipanaskan 2 hari sekali. Manfaatnya ini agar setiap tiga persen daya aki yang terbuang setiap harinya bisa terisi kembali,” ucap Bambang seperti dilansir kumparan.

READ  Chevrolet Indonesia Ingatkan Kembali Recall Airbag TAKATA

Sementara apabila mobil tersebut diamkan dalam waktu berbulan-bulan dan tidak ada orang yang bisa memanaskan mobil tersebut secara rutin, maka sebaiknya cabutlah kabel aki tersebut.

Selanjutnya untuk faktor kedua, para pemilik mobil harus tahu terlebih dahulu posisi parkir mobil tersebut. Apabila mobil itu diparkirkan di luar garasi rumah atau di tempat yang rawan kejahatan, sebaiknya jangan melepas kabel aki. “Kalau kabel aki dilepas, konsekuensinya itu security alarm menjadi tidak bekerja. Ini lebih riskan kalau mobilnya diparkir di daerah terbuka dan rawan maling,” jelas Bambang.

READ  Bagian-bagian Motor yang Harus Dicek Kembali Usai Dipakai Liburan

Dengan memperhatikan kedua faktor tersebut, seharusnya para pemilik mobil sudah bisa menentukan perlu atau tidaknya melepas kabel aki pada mobil. Apabila ingin melepas, disarankan untuk melepas kabel aki pada bagian negatif.