Negara Ini Bagikan Motor Listrik Gratis ke Warganya

Negara Ini Bagikan Motor Listrik Gratis ke Warganya
Negara Ini Bagikan Motor Listrik Gratis ke Warganya

Segala upaya dilakukan pemerintah di berbagai negara. Untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik guna mengurangi emisi karbon. Mungkin stimulus insentif dan subsidi sudah biasa, namun negara Uganda coba memberikan yang berbeda. Di sana warganya diberikan motor listrik gratis.

Mengutip Electrek, Uganda jadi satu-satunya negara di dunia yang memberikan secara cuma-cuma motor listrik kepada masyarakatnya. Presiden Uganda, Kaguta Museveni menginformasikan hal ini selama pidato nasional akhir tahunnya beberapa waktu lalu.

Menurut Museveni, masyarakat bisa melakukan penukaran motor konvensional bahan bakar bensin dengan motor listrik berbasis baterai yang disediakan oleh pemerintah setempat. “Kami telah sepakat dengan beberapa investor,untuk mengambil motor bensin dan memberikan motor listrik kepada pemiliknya. Pertukaran ini akan menghemat biaya operator sepeda motor hingga 50 persen,” kata Museveni.

READ  IIMS 2023 Siap Digelar 16-26 Februari Mendatang

Nantinya para investor akan diberikan keleluasaan berupa lisensi legal untuk mengoperasikan stasiun pengisian ataupun penukaran baterai. Hal itu disebutkan sebagai strategi timbal balik kepada para investor yang sudah mengucurkan dana atau investasinya.

Sepeda motor listrik pertama yang ditawarkan kepada warga Uganda adalah produk hasil produksi lokal bernama Zembo. Motor bebas polusi ini bila dijual harganya mencapai 5 juta Shilling Uganda atau sekitar Rp21 jutaan.

Motor listrik Zembo digemari sebagai armada para ojek online di sebagian besar negara Afrika. Visualnya mengusung gaya motor klasik batangan sehingga terlihat mirip dengan motor bermesin bakar fosil.

READ  Masuk ke Jalur Busway, Mobil Mewah Lamborghini Overheat

Mengacu laman resmi Zembo, selain menawarkannya dengan metode kepemilikan utuh, produk ini juga dihadirkan dengan skema sewa mingguan. Bila sudah melakukan sewa selama 2 tahun berturut-turut motor tersebut akan jadi milik si konsumen.

Zembo dibekali dengan baterai berkapasitas 72V yang diklaim bisa diajak berkendara hingga 70 km sekali pengisian daya penuh. Motor ini dirancang untuk kebutuhan mobilitas perkotaan, maka dari itu jarak tempuhnya tak terlalu jauh.