Partai Nasdem Sebut Elektabilitas Anies Baswedan Stabil

Partai Nasdem Sebut Elektabilitas Anies Baswedan Stabil

Partai Nasdem menyebutkan bahwa elektabilitas Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) telah stabil. Nasdem diketahui telah mengusung Anies sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024.

Politikus Nasdem Saan Mustopa mulanya menyampaikan sejumlah survei elektabilitas telah dilakukan pada Desember 2022 dan Januari 2023. Dari survei yang ada, dia menyebutkan terjadi fluktuasi yang menurutnya lumrah terjadi.

Namun demikian, Saan menyebutkan kalau survei-survei elektabilitas yang dilakukan selalu merujuk ke tiga tokoh nasional di peringkat teratas yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

READ  Arti Dari Nasionalisme Dan Beberapa Contoh Nasionalisme

“Tapi dari semua itu, tren yang naik signifikan kalau saya lihat itu kan tren kenaikan itu Pak Anies kan relatif lebih stabil ya grafiknya untuk naik,” kata Saan dalam acara Obrolan Malam Fristian,.

Selain itu, Saan juga mengungkit soal ceruk pemilih Anies dan Prabowo yang serupa. Dia menyebutkan bahwa dari survei yang ada, banyak pemilih Anies yang berasal dari suara Prabowo di pemilihan sebelumnya.

“Itu survei, kita kan belum tahu, nanti survei itu kan diambil pada saat itu. Belum cerminan pemilu, nanti kan kita lihat secara berkala. Makanya kita lihatnya tren atau kecenderungan,” ungkap Saan.

READ  Usai dengan Gibran di Solo, Prabowo Makam Malam Bersama Bobby Nasution di Medan

Sementara sebelumnya, LSI merilis hasil simulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pada simulasi tiga nama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas unggul dengan 36,3%.

Ganjar Pranowo unggul dari kedua nama lain yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang presentasenya saling kejar.

“Prabowo dan Anies pada Januari 2023 ini berada pada posisi yang saling kejar atau posisi yang sama kompetitif,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan melalui kanal YouTube LSI di Jakarta.

Pada simulasi 3 nama, di urutan kedua ditempati Anies yang mendapat dukungan sebesar 24,2%, sementara Prabowo memperoleh 23,2%.

READ  Kereta Teknis Proyek KCJB Anjlok, Polisi Sebut Ada Korban Tewas

Pada simulasi 10 nama, lagi-lagi Ganjar Pranowo unggul cukup jauh dari kandidat lainnya, dengan perolehan dukungan 29,2%.

Dalam simulasi ini, Prabowo menempati posisi kedua dengan dukungan suara sebesar 19,4%, Anies mendapat 16,5%, Ridwan Kamil meraih 8,7%, Sandiaga memperoleh 3,4%, AHY mendapat 1,9%, dan Erick Thohir meraih 1,6%.