Perbedaan Toyota Transmover dan Avanza Tipe E

Perbedaan Toyota Transmover dan Avanza Tipe E
Perbedaan Toyota Transmover dan Avanza Tipe E

Model Toyota Avanza yang beredar di Indonesia dijual dalam beberapa tipe. Selain Veloz sebagai tipe tertinggi, ada juga Transmover yang dibekali kelengkapan standar dengan target pasar fleet sebagai armada taksi. Lalu, apa perbedaan Toyota Avanza dengan Transmover?

Setidaknya ada lima perbedaan antara Transmover dengan Toyota Avanza, khususnya tipe E yang merupakan varian terendah yang dijual secara umum. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan tersebut.

Tampilan paras depan
Transmover pertama kali muncul pada 2016 lalu menggunakan bentuk Grand New Avanza. Namun pasca model penyegaran Toyota Avanza keluar pada 2019 lalu, tampilan Transmover tak ikut dirombak artinya masih serupa facelift pertama generasi kedua.

Karena masih menggunakan paras lawas, seperti dilansir kumparan, lampu utamanya belum LED. Tapi kesamaan antara Transmover dan Avanza tipe E adalah sama-sama tidak disematkan lampu kabut. Namun dari tampilannya Transmover terbaru coba lebih tak begitu standar. Sebab akhir 2020 lahir Transmover Spec Up, yang pakai velg kaleng silver. Sedangkan Avanza E velg kaleng hitam. Tapi keduanya sudah dilengkapi cover alias dop.

READ  Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Selain itu spion Transmover juga sudah dilengkapi LED, makanya jadi lebih istimewa sedikit dibanding Avanza tipe E yang masih standar, tapi bentuknya mengadopsi spion Toyota Rush yang lebar.

Bagian belakang
Lanjut ke belakang perbedaan keduanya akan tampak jelas. Dari housing lampu jelas beda, karena Avanza tipe E mengikuti model facelift. Sedangkan Transmover tetap pakai mika lampu lama.

Bumper juga terdapat perbedaan. Pada Avanza E ada aksen kosmetika vertikal. Lalu ada tambahan wiper belakang, emblem E, dan Avanza. Minus spoiler, karena baru ada dari tipe G ke atas. Transmover bukannya tanpa kelengkapan, dia sudah dipasang wiper juga kok. Tapi secara identitas cuma dilengkapi emblem bertuliskan Transmover.

READ  Polisi Bakal Berikan Tanda Khusus untuk STNK Kendaraan Konversi

Interior
Model facelift yang lahir pada 2019 lalu sebenarnya tak begitu berbeda dengan Avanza terdahulu. Makanya beda Avanza tipe E dengan Transmover dari segi interior hingga desain dashboard tak begitu signifikan.

Hanya saja menariknya adalah dashboard Transmover sudah pakai model facelift terbaru. Makanya pengaturan AC sudah model tombol pencet dan ada layar digital. Ada juga AC double blower dan head unit single din kemudian pengaturan spion secara elektrik.

Semua kelengkapan pada Transmover tadi tersemat juga di Avanza tipe E, namun head unit berupa layar kapasitif. Bicara laburan warna interiornya gabungan, putih dan hitam. Sementara Transmover serba hitam, jadi tinggal pilih sesuai selera.

READ  All New Toyota Avanza dan Veloz Meluncur Duluan

Transmisi
Meski menggendong mesin yang sama, yakni 1.300 cc 1NR-VE 1.329 cc bertenaga 94 dk di 6.000 rpm dan torsi 120 Nm yang dicapai pada 4.00 rpm, transmisi Transmover hanya tersedia manual 5-percepatan. Sedangkan Avanza tipe E sudah ada pilihan matik AT.

Fitur
Transmover sudah menggunakan dual SRS airbags, headrest semua baris, seatbelt reminder, dan sabuk keselamatan 3-titik. Sedangkan Toyota Avanza facelift dari tipe E sudah lebih lengkap. Selain seluruh fitur yang ada pada Transmover, dilengkapi juga pengereman ABS (Anti-lock Braking System).