Beranda Otomotif Perkenalkan Subaru Rex, Daihatsu Rocky yang Diganti Logonya

Perkenalkan Subaru Rex, Daihatsu Rocky yang Diganti Logonya

141
0
Perkenalkan Subaru Rex, Daihatsu Rocky yang Diganti Logonya
Perkenalkan Subaru Rex, Daihatsu Rocky yang Diganti Logonya

Subaru Rex dihidupkan kembali di Jepang, menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize.

Rex meluncur di Jepang pada 11 November 2022, setelah ‘mati suri’ selama tiga dekade. Rex, menurut laporan Carscoops, sempat ‘hidup’ pada 1972-1992 sebagai kei car—segmen mobil kecil bermesin di bawah 1.000 cc.

Kini, Rex menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang juga digunakan pada Raize dan Rocky. Bahkan, secara tampilan, urban sport utility vehicle (SUV) perdana Subaru tersebut amat identik dengan Rocky.

READ  Spion Elektrik Dilipat Paksa? Ini Efek Buruk Yang Mengintai

Keduanya memang berbagi panel bodi yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah pola desain gril depan horizontalnya yang sedikit direvisi.

Rex dipasarkan dalam dua tipe. Ada tipe G yang menjadi entry-level, dengan pelek aloi 16 inci.

Di atasnya terdapat tipe Z. Peleknya berukuran 17 inci, punya lampu depan full LED, plus lampu kabut.

Tampilan interior Rex sangat mirip dengan Rocky. Di kabinnya terdapat antara lain Head Unit 7 Inci atau 9 Inci+Android Auto dan Apple Carplay (tergantung tipe) maupun Digital Instrument Cluster.

Varian atasnya menampilkan aksen merah pada jok, dasbor, serta pintu.

READ  Harga Daihatsu Rocky 1.2L Bakal Lebih Murah, Ini Bocoran Perbedaannya dengan Varian Turbo

Bicara fitur keamanan dan keselamatan, Rex telah dilengkapi dengan enam Airbag. Terdapat pula teknologi Advance Driver Assistance System (ADAS) berisi fitur-fitur semisal Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert.

Berbeda dengan Rocky yang mengandalkan beberapa opsi dapur pacu (mesin bensin 1.0-liter turbo, 1-2.liter, e-Smart hybrid), Rex hanya ‘dipersenjatai’ dengan mesin bensin 1.2-liter. Gelontoran daya maksimalnya 80 hp, sedangkan torsi tertingginya 105 Nm.

Tenaga plus torsi tersebut disalurkan menuju kedua roda depan melalui transmisi otomatis Continuously Variable Timing (CVT) dengan simulasi tujuh percepatan. Tidak ada opsi penggerak empat roda (four wheel drive/4WD) seperti kedua ‘saudaranya’ di Jepang.

READ  Transaksi di Pameran Motor IMOS 2022 Tembus Rp 100 Miliaran

Harga Rex tak sampai Rp300 juta, tapi lebih mahal daripada Rocky atau pun Raize. Rex tipe Z dibanderol 1.820.000 yen (sekitar Rp204,86 juta, 1 yen = Rp112,56), sedangkan untuk tipe Z 2.171.100 yen (kisaran Rp244,37 juta).

Sebagai perbandingan, rentang harga Rocky dan Raize bermesin 1.2-liter di Jepang adalah 1.677.000 yen (Rp188,76 juta) hingga 1.717.000 (Rp193,27 juta).