Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perjalanan Jauh

Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perjalanan Jauh
Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perjalanan Jauh

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan mudik atau pulang kampung. Perjalanan jauh yang ditempuh untuk kembali ke tempat asal tak lepas dari berbagai macam persiapan yang banyak. Bagaimana tidak? Jumlah pakaian yang dibawa oleh seluruh anggota keluarga saja selama mudik saja sudah banyak. Belum lagi berbagai macam hal kecil yang turut menjadi pelengkap.

Selain mempersiapkan barang bawaan, mobil yang dikendarai juga tak luput dari persiapan tersebut. Persiapan yang cukup matang terhadap alat transportasi Anda, tentunya mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan yang cukup jauh. Lantas, apa saja persiapan yang bisa dilakukan sebelum memulai perjalanan yang jauh? Simak beberapa hal berikut ini.

Periksa Kondisi Mobil
Sebelum memulai perjalanan yang cukup jauh, periksa kondisi mobil secara keseluruhan. Ana harus memastikan bahwa mobil yang akan dikendarai dalam kondisi prima. Berbagai macam bagian mobil harus dalam kondisi baik. Bila perlu, lakukan servis mobil sebelum diajak berkendara dalam waktu yang panjang.

READ  Rekomendasi Motor Listrik Rp15 Jutaan, Cocok Dipakai Masyarakat Urban

Jika ada bagian mobil yang kurang baik, segera ganti bagian tersebut. Sebagai contoh, ketika ban mobil sudah tipis, lebih baik gantilah dengan yang baru. Cek tekanan ban mobil yang sesuai. Tak lupa juga perhatikan bagian permukaan ban.

Siapkan Camilan di Mobil
Perjalanan yang akan ditempuh tentunya memakan waktu yang cukup lama. Jangan sampai selama perjalanan tersebut Anda dan anggota keluarga lainnya merasa kelaparan. Ingat bahwa Anda dan anggota keluarga harus selalu menjaga kondisi tubuh aga tetap sehat selama perjalanan jauh.

Berhubung Anda belum tentu bisa menjumpai minimarket atau rest area yang menyediakan makanan, akan lebih baik jika Anda menyiapkan beberapa jenis camilan manis dan gurih di mobil Anda. Anda juga bisa membawa bermacam-macam jenis minuman yang bisa mengembalikan stamina tubuh seperti air putih dan minuman manis. Anda juga bisa melengkapi mobil Anda dengan kotak pendingin kecil untuk menjaga kesegaran dari minuman yang Anda bawa bila perlu.

READ  Pabrik Kami di Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik!

Persiapkan Gadget dan Permainan
Lamanya perjalanan seringkali membuat jenuh dan melelahkan. Untuk itu, Anda bisa mempersiapkan permainan bagi anak-anak Anda agar perjalanan bisa terasa lebih nyaman. Beberapa macam permainan papan dan kartu bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu di dalam mobil. Tak hanya itu saja, permainan dari gadget juga bisa diberikan pada anak Anda. Namun, tetap ingat bahwa permainan gadget untuk anak sebaiknya dibatasi.

Persiapkan juga berbagai macam gadget yang akan dibawa dalam perjalanan jauh. Smartphone, laptop, charger, earphone, power bank dan alat-alat lainnya sudah harus dicek kondisinya. Pastikan baterai penuh sebelum berangkat agar tidak menyulitkan Anda jika butuh untuk berkomunikasi sewaktu-waktu.

READ  Oli Mesin Mana yang Paling Tepat untuk Mobil Kamu?

Pakaian Tambahan
Berbagai hal tak terprediksi seringkali terjadi dalam perjalanan mudik Anda. Kondisi cuaca yang mudah berubah-ubah bisa menjadi faktor khusus bagi Anda untuk mempersiapkan pakaian tambahan. Simpan dalam tas yang lebih mudah dijangkau untuk beberapa pakaian tambahan ini. Mungkin Anda juga bisa menambahkan jaket dan selimut dalam list barang bawaan Anda.

Alat-alat P3K
Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hadapan kita. Akan lebih baik jika mengantisipasi beberapa hal buruk yang mungkin terjadi. Seperti mual, muntah, pusing, demam atau luka ringan, mungkin saja terjadi ketika berkendara. Persiapkan beberapa jenis obat-obatan pusing dan mual, minyak kayu putih, plester, kapas dan juga vitamin.