Polisi Cari Agen Travel yang Rekomendasikan Bis Trans Putera Fajar

Polisi masih mendalami kasus kecelakaan maut yang terjadi di Ciater Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dalam insiden, 11 orang dilaporkan meninggal dunia. Agen Travel yang mengurus wisata SMK Lingga Kencana kini dicari.

Hal itu diungkap oleh Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Pol. Wibowo. Dia mengatakan, pihak sekolah menggunakan tiga unit bis untuk mengangkut siswa yang mencontoh acara perpisahan di Bandung. Adapun, salah satu ditemaninya bis Putera Fajar.

Siapa pihak travel yang mencarikan bis-bis ini, kan bis nya 3 macam ini, tiga merek. Semuanya kita panggil semuanya kita mintakan keterangan semuanya,” kata Wibowo ketika dihubungi, Kamis (16/5/2024).

READ  Terlewat Lihat Hujan Meteor Perseid Semalam? Cek Link Live Streaming Pengamatan Bintang Ini

Wibowo mengucapkan penyidik terus mencari alat bukti bagus itu melalui keterangan saksi maupun tanda lainnya. Dalam waktu dekat, akan memanggil pihak Perusahaan Otobus atau PO Bis Trans Putera Fajar dan Karoseri.

“Mengapa KIR mati, siapa yang bertanggung jawab terhadap perpanjangan uji KIR nya, nanti spaceman pragmatic kita cek semua. Siapa orang yang memilki peran untuk menunjuk kendaraan ini mengoperasikan kendaraan ini,” sebut dia.

Wibowo menentukan, proses penyidikan masih berjalan dan tak menutup kemungkinan orang-orang yang terlibat secara lantas maupun yang ikut serta menolong terjadinya kecelakaan ini akan ditetapkan sebagai tersangka.

READ  Jokowi Memberikan Kepada Semua Sesuai Sarana Prasarana

“Sopir ini baru tersangka permulaan, mungkin saja nanti ada tersangka tersangka lain. Aku tak bisa menceritakan kini karena mesti dikuatkan dengan alat-alat bukti yang cukup,” sebut dia.

Kesepakatan Orang Tua Murid dan Guru
Sebelumnya, Komponen Kabar Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS) SMK Lingga Kencana, Dian Nurfarida, mengucapkan terpilihnya kawasan Bandung menjadi lokasi perpisahan murid kelas tiga lantaran telah ada kesepakatan sebelumnya dalam forum rapat.

“Mengapa pilih ke Bandung, karena daerah itu telah disepakati sebelumnya, antara wali murid dan orang tua. Kami telah rapat sebagian kali untuk menentukan daerah. Jadi daerah itu tak sekonyong-konyong atau tiba-tiba ditetapkan,” kata Dian di SMK Lingga Kencana Depok, Minggu (12/5/2024).

READ  Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat

Dian menerangkan acara tersebut juga sebelumnya telah dibentuk pihak panitia merupakan pihak guru. Malah panitia acara juga telah mengerjakan survei lokasi acara.

Termasuk pemesanan PO bis melalui agen travel, kata Dian, telah disepakati alam rapat.

“Jadi sebetulnya yang kami lakukan itu merupakan kesepakatan dengan orang tua murid dan guru,” ujar Dian.