Rumah Menteri di IKN Sudah Hampir Jadi, Ini Penampakannya

Jakarta – Menteri Pekerjaan Awam dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono minta agar pekerjaan pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RPTJM) di IKN bisa selesai tepat waktu pada Juni 2024. Dengan catatan tetap mempertahankan ritme serta meningkatkan kualitas pekerjaan di lapangan.

Menjawab hal itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengungkapkan, pihaknya terus berupaya agar progres pembangunan RTJM sebanyak 36 unit bisa selesai layak dengan waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

“Kami juga telah mengatasi rumah contoh dan telah full furnished dan diharapkan unit lainnya selesai tepat waktu,” ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Jumat (19/1/2024).

Lebih lanjut, Iwan menerangkan, pembangunan rumah tapak menteri dijalankan guna menyokong visi dan misi untuk menjadikan IKN sebagai forest city. Dalam hal ini, pembangunan dijalankan dengan melihat keseimbangan antara pembangunan rumah dan kelestarian alam sekitar, terutamanya melestarikan kembali fungsi hutan tropis.

READ  Gelar Pilpres pada Maret, Rusia Undang Pengamat dari Indonesia

“Kami juga menjalankan deforestasi kawasan hijau di lingkungan RTJM dengan penanaman pohon dan tanaman secara masif serta pemberesan lanskap yang bagus. Deforestasi ini bermanfaat untuk meningkatkan tenaga serap air, mengurangi resiko banjir dan berperan dalam mengurangi emisi karbon,” imbuhnya.

Menurut data Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, hingga ketika ini progres pembangunan telah mencapai 71,34 persen.

Rumah Menteri di IKN mulai spaceman dibangun sejak Desember 2022 dan ditargetkan selesai pada Juni 2024 mendatang. Area pembangunan RTJM terbagi menjadi tiga persil dengan sempurna luasan 20,4 hektar dan jumlah unit yang akan dibangun sebanyak 36 unit rumah.

READ  Mengenal Lebih Dekat Kandungan Salep Jerawat

Momen Langka, Jokowi Siaran Perdana di RRI IKN Nusantara

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Radio Republik Indonesia (RRI) IKN , Rabu (17/1/2024) kemarin. Studio RRI IKN yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di kawasan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

Presiden Jokowi bahkan berkenan didaulat menjadi narasumber perdana RRI IKN. Ketika siaran di frekuensi FM 98,3 mhz itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Kepala Badan Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono, dan Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo.

READ  Sejarah Dan Perkembangan Bajaj Dari Awal Hingga Kini

Jokowi mengukur siaran RRI bisa memberi tahu progres pembangunan IKN ke segala Tanah Air.

“Saya sungguh-sungguh bersuka cita ada studio RRI di Ibu Kota Nusantara. Ini akan bisa mengabarkan, memberi tahu info-info mengenai perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara bagus pembangunan, bagus penanaman pohonnya, bagus pembangunan infrastrukturnya,” kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (17/1/2024).

“Saya kira masyarakat di segala Tanah Air perlu mendengar mengenai perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara,” sambungnya.