Sederet Kisah Hewan Kurban di Metro Jakarta: Berlarian di Ruas Jalan Tol Sampai Tercebur ke Got

Berbagai kisah satwa kurban untuk Hari Raya Idul Adha mewarnai penyelenggaraan th. ini di Ibu Kota RI.

Bagi para Pembaca yang merayakan Idul Adha 1444 Hijriah, kami Redaksi Metro Suara.com mengucapkan selamat. Termasuk mereka yang tengah mobilisasi ibadah haji di Tanah Suci.

Di kutip dari kanal, beragam kisah seputar hewan kurban mewarnai perayaan Idul Adha di Ibu Kota Jakarta.

Antara lain adalah penyerahan dua ekor sapi secara simbolis oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada panitia kurban Masjid Istiqlal.

Kedua satwa kurban ini di pasrahkan atas nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dua ekor sapi berwarna cokelat itu jenis limosin bersama dengan bobot 1,2 ton dari Presiden Joko Widodo, dan 1,1 ton dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

READ  Hyundai dan LG Investasi Rp15,8 Triliun Bangun Pabrik Sel Baterai di Karawang

Kedua sapi limosin itu langsung di terima Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal Asep Saepudin.

Kemudian, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyumbangkan satu ekor hewan kurban jenis sapi berbobot 1 ton yang juga jenis limosin. Penyerahan ditunaikan kepada pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) DKI Jakarta.

KORPRI menerima keseluruhan 29 sapi dan sembilan kambing untuk dikurbankan terhadap Idul Adha th. ini. Pemberi kurban berasal dari para PNS DKI dari semua wilayah DKI.

READ  Bukan Cuma Jakarta, Singapura Ternyata Juga Datangkan Wisatawan Dari Kota Besar Indonesia

Ada pula perihal seekor sapi kabur hingga ke Jalan Tol di Jakarta Utara terhadap Kamis (29/6/2023).

Kasat PJR Di tlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno menyebut insiden itu terjadi pukul 09.30 WIB. Sapi itu di sebut memberontak di wilayah penyembelihan yang berada di Jalan Gedong Panjang Pekojan, Jakarta Barat.

“(Sapi) mengalami stres dan memberontak. Lari kabur meninggalkan wilayah penyembelihan dan masuk jalur tol melalui off ramp Gedung Panjang 2 (Km 22.200 A). Kemudian tetap berlari dan melompat ke jalur B (Gedong Panjang arah Tanjung Priok),” menyadari Kompol Sutikno.

Sapi itu baru berhenti berlari di Km 21.800 B. Setelahnya panitia kurban dibantu petugas Kepolisian lakukan evakuasi.

READ  Mengenal Lebih Dekat Kandungan Salep Jerawat

Tidak ada kecelakaan yang di timbulkan dari peristiwa itu, cuma arus lalu-lintas sempat macet pas sapi berada di tengah ruas jalur tol.

Sementara itu, perihal seekor sapi mengamuk dan masuk ke kali pas diturunkan dari mobil pengangkut terjadi di Jalan Penggilingan Baru 1, RT 11/4, Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2023).

Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaiman perlihatkan peristiwa terjadi sekira pukul 16.55 WIB. Warga menghubungi pihaknya untuk mengevakuasi sapi yang di dekat bantaran sungai yang cukup terjal.