Siapa pun Cawapresnya, Ganjar Selalu Menang

Siapa pun Cawapresnya, Ganjar Selalu Menang
Siapa pun Cawapresnya, Ganjar Selalu Menang

Lembaga survei Algoritma Research and Consulting merilis hasil survei terkait capres dan cawapres potensial yang akan berlaga pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasil survei tersebut menunjukkan, pada simulasi tiga pasangan capres-cawapres, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selalu unggul, bahkan dengan siapa pun figur cawapres yang disandingkannya.

“Simulasi Pak Ganjar dengan siapa pun relatif tinggi dan menjadi determinan yang cukup penting,” kata Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultasi Politik Algoritma, Fajar Nursahir dalam keterangannya, Jakarta.

READ  Kasus Suap MA, KPK Kembali Jerat Tersangka Baru

Duet Ganjar-Ridwan Kamil unggul 35,7 persen dari pasangan Anies-Andhika (21,7 persen) dan Prabowo-Puan (17,6 persen).

Jika dipasangkan dengan Erick Tohir, Ganjar juga unggul 34,5 persen atas pasangan Anies-Khofifah (25,4 persen) dan Prabowo-Airlangga (20,3 persen).

Duet Ganjar-Erick juga unggul 33,9 persen jika melawan Anies-AHY yang meraih 27,1 persen dan Prabowo-Muhaimin (20,7 persen).

Dalam kesemoatan ini, Fajar menambahkan, hasil survei menunjukkan Ridwan Kamil menjadi sosok yang paling difavoritkan sebagai bakal calon wakil presiden.

“Ridwan Kamil itu memiliki tingkat elektabilitas yang cukup tinggi menjadi cawapres dan resistensi yang rendah. Modal penting yang cukup baik terlebih sekarang beliau memiliki kendaraan politik,” tambah Fajar.

READ  Soal Pemilu, Mahfud MD: Pilih Wakil Sekaligus Program

Tak hanya pasangan capres-cawapres, survei Algoritma juga menunjukkan tingkat elektabilitas Ganjar masih tertinggi. Ganjar unggul dari Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Para responden ditanya soal siapa yang akan mereka pilih untuk menjadi presiden jika pilpres digelar saat ini. Sebanyak 25,1% responden akan memilih Ganjar; 18,7% responden akan memilih Anies; dan 16,6% akan memilih Prabowo.

Dalam survei ini, jumlah sampelnya sebanyak 1.214 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih. Hasil dari survei ini mewakili pendapat pendueuk usia dewasa atau usia pilih secara nasional.

READ  Mayoritas Warga Jawa Tengah Puas dengan Kinerja Ganjar Pranowo

Margin of error survei ini +/- 3% dengan tingkat kepercayaan 95%. Data dalam survei ini diperoleh pada 19 sampai 30 Desember 2022 lewat wawancara tatap muka memakai kuesioner, dilakukan oleh 66 enumerator.