Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20

Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20
Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20

Genesis G80 yang akan digunakan pada ajang KTT G20 nanti dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Mungkin belum banyak yang tahu jika Genesis ini merupakan divisi kendaraan mewah dari Hyundai Motor Group. Awalnya Hyundai memposisikan Genesis dengan nama Hyundai Genesis pada 2004 silam sebagai brand mewah.

Namun pada 2015 lalu, Genesis diumumkan secara resmi sebagai merek independen yang berdiri sendiri secara terpisah. Ibaratnya, ini seperti merek Lexus dari Toyota.

Model yang dibuat oleh Genesis dirancang di Russelheim (Jerman), Namyang (Korea Selatan), dan Irvine (Amerika Serikat).

Walaupun baru seumur jagung, tetapi Genesis sudah pernah mendapatkan predikat sebagai merek otomotif paling andal di Amerika Utara menurut J.D Power di tahun 2020 lalu.

Pada tahun 2021 lalu, Genesis meluncurkan G80 Electrified di Shanghai Auto Show.

Di tahun yang sama, mobil ini singgah di Indonesia untuk digunakan sebagai kendaraan yang akan digunakan kepala negara dan delegasi KTT G20 di Bali pada 15—16 November 2022 mendatang.

READ  Spesifikasi dan Harga Yamaha Freego 125 Connected 2022, Isi Bensin Tak Perlu Turun Jok

Spesifikasi Genesis G80 KTT G20
Lantas, seperti apa spesifikasi dari mobil listrik Genesis G80 ini?

Berikut kami beberkan secara lengkapnya.

Desain dan Dimensi
Secara tampilan, Genesis G80 ini punya eksterior yang sangat keren, mewah, dan elegan. Dibalik indahnya desain tersebut, ada sosok pria bernama Luc Donckerwolke.

Luc merupakan Chief Creative Officer of Hyundai Motor Group and Genesis. Pria yang mengawali karir pada tahun 1990 di Peugeot ini juga pernah menangani merek besar seperti Audi, Skoda, Lamborghini, SEAT, Bentley, dan Volkswagen.

Yup, ketika di Lamborghini Luc menjabat sebagai Head of Design yang bertanggung jawab atas ketiga supercar yang punya desain ikonik.

READ  Perbedaan Toyota Transmover dan Avanza Tipe E

Bahkan di tahun 2006 ia juga pernah berkontribusi untuk menciptakan desain Miura Concept.

Di atas kertas, Genesis G80 punya dimensi dengan spesifikasi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase di angka 3.010 mm.

Baterai dan Tenaga
Sedan sepanjang 5 meter ini dibekali dengan penggerak dual motor di roda depan dan belakang. Masing-masing motor bisa mengeluarkan tenaga 182 hp dengan torsi maksimum 350 Nm.

Jika ditotal, seluruh roda mampu mengeluarkan tenaga hingga 364 hp dengan torsi maksimum 700 Nm. Sementara baterai yang digunakan memakai Lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh.

Lalu di bagian powertrain menggunakan drive mode selector yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sembari digunakan, mobil juga bisa memanfaatkan energi pengereman untuk dikonversi menjadi cadangan daya lewat fitur regenerative braking system.

READ  Tips Merawat Mobil untuk Pemula

Menurut klaim pabrikan, mobil tersebut bisa melesat hingga kecepatan maksimum 225 km/jam dengan jarak 427—520 km dalam satu kali pengisian daya.

Untuk mengisi baterai hingga penuh juga tak memakan banyak waktu.

Sebab, Genesis mengeklaim jika untuk mengisi baterai dari 10-80% hanya memakan waktu 22 menit saja menggunakan 800V rapid charging.

Sementara ketika menggunakan pengisian rumah normal (11kW), waktu pengecasannya berkisar 9 jam dari posisi baterai 10% hingga 100%.

Spesifikasi Kaki-kaki Genesis G80
Sebagai mobil mewah, Genesis G80 punya spesifikasi kaki-kaki yang mumpuni. Sedan ini ditanamkan fitur preview electronically controlled suspension yang bisa diatur pengemudi lewat tombol.

Baik di bagian depan dan belakang, suspensinya menggunakan tipe multi-link. Lalu pelek yang berukuran 19 inci yang dibalut ban Michelin ukuran 245/25 di depan dan 275/40 di bagian belakang.