Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20

Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20
Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20

Genesis G80 yang akan digunakan pada ajang KTT G20 nanti dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Mungkin belum banyak yang tahu jika Genesis ini merupakan divisi kendaraan mewah dari Hyundai Motor Group. Awalnya Hyundai memposisikan Genesis dengan nama Hyundai Genesis pada 2004 silam sebagai brand mewah.

Namun pada 2015 lalu, Genesis diumumkan secara resmi sebagai merek independen yang berdiri sendiri secara terpisah. Ibaratnya, ini seperti merek Lexus dari Toyota.

Model yang dibuat oleh Genesis dirancang di Russelheim (Jerman), Namyang (Korea Selatan), dan Irvine (Amerika Serikat).

Walaupun baru seumur jagung, tetapi Genesis sudah pernah mendapatkan predikat sebagai merek otomotif paling andal di Amerika Utara menurut J.D Power di tahun 2020 lalu.

Pada tahun 2021 lalu, Genesis meluncurkan G80 Electrified di Shanghai Auto Show.

Di tahun yang sama, mobil ini singgah di Indonesia untuk digunakan sebagai kendaraan yang akan digunakan kepala negara dan delegasi KTT G20 di Bali pada 15—16 November 2022 mendatang.

Spesifikasi Genesis G80 KTT G20
Lantas, seperti apa spesifikasi dari mobil listrik Genesis G80 ini?

Berikut kami beberkan secara lengkapnya.

Desain dan Dimensi
Secara tampilan, Genesis G80 ini punya eksterior yang sangat keren, mewah, dan elegan. Dibalik indahnya desain tersebut, ada sosok pria bernama Luc Donckerwolke.

Luc merupakan Chief Creative Officer of Hyundai Motor Group and Genesis. Pria yang mengawali karir pada tahun 1990 di Peugeot ini juga pernah menangani merek besar seperti Audi, Skoda, Lamborghini, SEAT, Bentley, dan Volkswagen.

READ  Menteri BUMN Apresiasi Laba BRI Berhasil Terbang 106,14%

Yup, ketika di Lamborghini Luc menjabat sebagai Head of Design yang bertanggung jawab atas ketiga supercar yang punya desain ikonik.

Bahkan di tahun 2006 ia juga pernah berkontribusi untuk menciptakan desain Miura Concept.

Di atas kertas, Genesis G80 punya dimensi dengan spesifikasi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase di angka 3.010 mm.

Baterai dan Tenaga
Sedan sepanjang 5 meter ini dibekali dengan penggerak dual motor di roda depan dan belakang. Masing-masing motor bisa mengeluarkan tenaga 182 hp dengan torsi maksimum 350 Nm.

Jika ditotal, seluruh roda mampu mengeluarkan tenaga hingga 364 hp dengan torsi maksimum 700 Nm. Sementara baterai yang digunakan memakai Lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh.

Lalu di bagian powertrain menggunakan drive mode selector yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sembari digunakan, mobil juga bisa memanfaatkan energi pengereman untuk dikonversi menjadi cadangan daya lewat fitur regenerative braking system.

Di luar dari itu, ada juga battery heating system dan heat pump system sebagai fitur standar mobil.

Menurut klaim pabrikan, mobil tersebut bisa melesat hingga kecepatan maksimum 225 km/jam dengan jarak 427—520 km dalam satu kali pengisian daya.

Untuk mengisi baterai hingga penuh juga tak memakan banyak waktu.

Sebab, Genesis mengeklaim jika untuk mengisi baterai dari 10-80% hanya memakan waktu 22 menit saja menggunakan 800V rapid charging.

READ  Nissan Kicks e-Power, Mobil Hybrid Rasa EV

Sementara ketika menggunakan pengisian rumah normal (11kW), waktu pengecasannya berkisar 9 jam dari posisi baterai 10% hingga 100%.

Spesifikasi Kaki-kaki Genesis G80
Sebagai mobil mewah, Genesis G80 punya spesifikasi kaki-kaki yang mumpuni. Sedan ini ditanamkan fitur preview electronically controlled suspension yang bisa diatur pengemudi lewat tombol.

Baik di bagian depan dan belakang, suspensinya menggunakan tipe multi-link. Lalu pelek yang berukuran 19 inci yang dibalut ban Michelin ukuran 245/25 di depan dan 275/40 di bagian belakang.

Fitur Berlimpah
Eksterior
Di atas kertas, Genesis G80 punya spesifikasi yang sangat lengkap. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai fitur yang dijejali untuk sedan ini.

Seperti lampu depan dan belakang yang sudah memakai LED baik untuk lampu utama maupun sein. Ada juga kaca double glazed soundproof agar kekedapan dalam kabin bisa senyap tanpa ada intervensi suara dari luar.

Seluruh kaca tersebut juga memiliki fitur solar glass untuk menahan paparan ultraviolet dari matahari agar kabin tetap sejuk walaupun kondisi di luar sangat terik dan panas. Nice!

Interior
Masuk ke bagian interior, Genesis G80 dibekali dengan head unit 12,5 inci layar sentuh yang bisa terkoneksi berbagai pengaturan smartphone.

Ada juga ambient mood lighting, front seat LED foot lamp, metal door scuff, two tone steering wheel, kontrol AC layar sentuh, frameless ECM room mirror, aksen alumunium pada interior, dan hi-pass system.

READ  Spesifikasi Lengkap Genesis G80 Yang Dipakai Di KTT G20

Seluruh lapisan jok tentunya sudah memakai bahan kulit asli demi menegaskan kesan mewah. Jika merasa kurang puas, pembeli bisa menambahkan opsi bahan jok Nappa, Prime Nappa, ataupun wood panel.

Kedua jok depan juga dibekali dengan pengaturan 12 arah dengan lumbar support agar penumpang depan bisa mendapatkan posisi duduk ternyaman.

Jok ini juga memiliki fitur memory seat, ventilasi jok untuk pemanas dan hawa dingin AC, serta walk-in device atau jok akan mundur secara otomatis ketika penumpang hendak turun dari mobil.

Konektivitas seperti valet mode, music streaming, over the air update, juga ditanamkan sebagai fitur standard. Telinga pun juga dimanjakan lewat adanya 17 speaker Lexicon yang tersebar di seluruh area kabin.

Dentuman suara lagu juga akan maksimal berkat bantuan fitur active road noise control agar suara ban dari luar tidak terdengar sampai ke dalam.

Keamanan Jempolan
Sebagai mobil kelas atas, Genesis mencoba untuk selalu memberikan rasa aman kepada pemiliknya. Maka dari itu, fitur keamanannya pun sangat jempolan.

Carmudian bisa menemukan 10 titik airbag yang tersebar di depan, samping, dan belakang. Seluruh roda juga menggunakan rem cakram yang dilengkapi dengan perangkat ABS, safety assist, rear occupant alert, multi-collision brake system, hingga back up guide light.