Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza

Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza
Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza

Selain memperkenalkan All New Veloz, Toyota turut meluncurkan All New Avanza di Indonesia. Generasi ketiga mobil sejuta umat ini mendapat pembaruan total baik dari sisi eksterior hingga fitur-fiturnya. Lalu, seperti apa spesifikasi dari Toyota Avanza generasi terbaru ini?

Toyota Avanza generasi terbaru dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih canggih yang diklaim tetap mempertahankan DNA kehandalan, tahan lama, dan value for money. All New Avanza hadir dalam empat varian yakni 1.3 E M/T (Rp206,2 juta), 1.5 G M/T (Rp228,5 juta), 1.5 G CVT (Rp241,4 juta), dan 1.5 G CVT TSS (Rp264,4 juta). Oh ya, harga tersebut sudah termasuk versi insentif PPnBM nol persen. Berikut spesifikasi lengkap dari Toyota Avanza generasi terbaru.

Eksterior
Dimensi All New Avanza menjadi lebih melar ketimbang generasi sebelumnya. Toyota Avanza terbaru kini memiliki panjang 4.393 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.700 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Kesan kokoh tercipta dari desain bumper depan yang bold dengan desain headlamp LED yang tajam dan panel chrome yang mempertegas kesan elegan dan aktif.

READ  Toyota Kijang Innova Zenix Tak Punya Mesin Diesel, Soalnya Hybrid Lebih Irit

Bergeser ke bagian belakang, Toyota Avanza terbaru dibekali lampu kombinasi LED dengan desain yang lebih modern. Di bagian kaki-kaki, varian 1.3 E menggunakan profil ban 185/65 R15. Sedangkan varian 1.5 G menggunakan profil ban 195/60 R16.

Interior
Konfigurasi pengaturan jok All New Avanza juga sama seperti All New Veloz yang mampu diatur layaknya sofa dengan melipat kursi baris kedua atau baris pertama. Layar TFT MID 4,2 inci pada All New Avanza terbilang lengkap karena terdapat beragam pilihan pengaturan dan tampilan seperti indikator pintu dan steering angle, jam, konsumsi BBM rata-rata, setting display, setting bunyi fitur, pengaturan sensifitas fitur aktif, setting auto lock/unlock, hingga pengaturan wiper.

Untuk fitur hiburan, ada head unit 9 inci (1.5 G) yang dilengkapi radio, USB, bluetooth, dan kemampuan mirroring menggunakan T-link. Namun head unit ini tak mendukung Apple Car Play maupun Android Auto. Konfigurasi setir kini juga mendukung tilt dan telescopic, serta ada MID switch pada lingkar setir untuk varian 1.5 G.

READ  Spesifikasi dan Fitur All New BR-V 2021 Pesaing Rush-Terios, Suzuki XL7, dan Xpander Cross

Mesin
All New Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform Full Engine – Front Wheel Drive baru. Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm dan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Mesin ini turut dibekali teknologi Dual VVT-i yang diklaim mampu menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan. Tenaga dari mesin disalurkan ke empat roda melalui transmisi CVT terbaru yang dilengkapi split gear baru guna memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus.

READ  Hadapi Tahun 2023, PKS Diharapkan Selalu Utarakan Kebenaran

Fitur keselamatan
Toyota menghadirkan fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist pada semua varian All New Avanza. Sistem pengereman juga telah dilengkapi ABS, EBD, dan BA. All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi 6 airbags, fitur Rear Crossing Traffic Alert, juga Blind Spot Monitoring.

All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

TSS pada All New Avanza terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.