Suzuki Siapkan Mobil Listrik eVX, Diklaim Dapat Menjelajah Sejauh 550 Km

Suzuki Siapkan Mobil Listrik eVX, Diklaim Dapat Menjelajah Sejauh 550 Km
Suzuki Siapkan Mobil Listrik eVX, Diklaim Dapat Menjelajah Sejauh 550 Km

Dalam dua tahun terakhir kendaraan listrik cukup berkembang di Indonesia. Tidak sedikit orang mempunyai ketertarikan terhadap Electric Vehicle (EV), karena dinilai ramah lingkungan, tidak perlu repot isi bahan bakar, dan diklaim mudah dirawat.

Tahun lalu pasar otomotif Indonesia diisi berbagai mobil EV, mulai dari Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, KIA EV6, BMW iX dan i4, hingga Wuling Air ev di Indonesia. Sedangkan secara internasional, ada mobil seperti Genesis GV60 dan Hyundai Ioniq 6.

Memasuki tahun 2023, beberapa merek mobil mulai menampilkan beragam produk EV. Salah satunya adalah Suzuki yang hingga saat ini belum banyak menjual mobil listrik dibanding brand Jepang lainnya.

Mobil konsep baru
Pada Auto Expo 2023 di India, Maruti Suzuki memperkenalkan Suzuki eVX. Melansir autocarindia.com, Kamis (12/1/2023) mobil listrik ini mengusung gaya bodi SUV dan digadang-gadang akan mulai dijual pada tahun 2025 mendatang.

READ  Demam Mobil Listrik Mungil, Geely Panda Bakal Ramaikan Pasar

Mobil dengan nama kode “YV8” ini akan mengusung platform baru yang dikhususkan untuk mobil listrik. Platform ini dikembangkan oleh Maruti Suzuki dan Toyota, di mana merek yang kedua juga akan membuat versinya tersendiri.

Sasis baru tersebut juga akan digunakan pada mobil-mobil listrik lainnya. Suzuki eVX akan dipreduksi di Gujarat, India dan kemungkinan besar akan diekspor ke luar ke negara lain.

Suzuki eVX
Suzuki eVX mengusung desain baru serba radikal, berbeda dengan mobil Suzuki lainnya. Wujud baru ini menunjukkan tampilan mobil SUV tangguh serta modern, terbilang sesuai dengan minat konsumen saat ini.

READ  Harga Daihatsu Rocky 1.2L Bakal Lebih Murah, Ini Bocoran Perbedaannya dengan Varian Turbo

Lampu depan berbentuk “V” menyamping memberikan tampilan khas, sedangkan sisi samping terlihat kekar dengan fender yang tebal. Sektor buritan dilengkapi lampu LED bar dan bentuk atap sedikit menukik, memberi kesan SUV coupe.

Secara spesifikasi, Suzuki mengklaim eVX akan dibenamkan baterai berukuran 60 kWh dan bisa menjelajah hingga 550 km. Sementara tipe entry level mendapatkan baterai 48 kWh dengan jarak tempuh sekitar 400 km.

Suzuki Karimun EV
Selain eVX, Suzuki sebelumnya sempat terciduk mengetes Karimun Wagon R EV. Mengutip situs bgr.in, Karimun yang terekam kamera ini mengusung sumber daya listrik murni. Lokasi pengetesan berada di Manesar, dekat pabrik Suzuki di Gurgaon, India.

READ  Harga Mobil Listrik Komersial Pertama Di Indonesia Bakal Turun Tahun Depan

Yang menarik, Wagon R ini tidak ditutupi warna kamuflase sama sekali. Dengan demikian banyak detail-detail mobil ini terungkap ke publik.

Paling mencolok adalah fascia depan, di mana grill depan dihilangkan untuk mengurangi hambatan angin. Lalu lampu depan kini dipisah menjadi dua bagian, yakni di atas dan di bawah. Bahkan penempatan lampu kabut dan desain bumper mobil ini juga berbeda.

Sektor buritan Wagon R elektrik juga mendapatkan beragam ubahan, seperti desain bumper baru dengan reflector dan lampu belakang dibuat berwarna hitam. Ciri kuat bahwa mobil ini adalah Wagon R terlihat dari kaca samping dan aksen garis hitam yang tidak berubah.