Suzuki V-Strom SX 250, Siap Menantang Versys 250

Suzuki V-Strom SX 250, Siap Menantang Versys 250
Suzuki V-Strom SX 250, Siap Menantang Versys 250

PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS) memperkenalkan Suzuki V-Strom 250 SX pada ajang IMOS 2022. Motor ini dikabarkan akan dijual resminya pada tahun 2023 namun jika Anda tertarik dapat inden melalui dealer suzuki terdekat.

V-Strom adalah nama varian motor adventure dari suzuki, yang awalnya huruf ā€œVā€ di depan menandakan bahwa motor ini menggunakan mesin berkonfigurasi V. Tetapi seiringnya waktu dibuat varian V-Strom bermesin lebih kecil sehingga tidak perlu menggunakan mesin berkonfigurasi V tetapi tetap menggunakan nama V-Strom.

Desain Suzuki V-Strom 250 SX

Melihat dari desain Suzuki V-Strom SX sangat kental dengan nuansa motor adventurenya. Terlihat dari bagian depannya terdapat windshield tegak berwarna transparan selain mempermanis juga berfungsi untuk menghalangi terpaan angin.

READ  Sejarah Dan Perkembangan Hyundai Di Dunia Otomotif

Sayangnya windshield ini tidak terdapat pengaturan untuk menaik turunkan alis fix. Di bawah windshield terdapat headlamp berteknologi full LED dengan DRL, antara headlamp dan windshield terdapat dudukan plat nomor.

Sedangkan untuk lampu seinnya masih menggunakan lampu bohlam. Ciri khas motor adventure dapat dilihat dari penggunaan spakbor yang dibuat menyatu dengan lampu depan.

Lalu pada bagian body depan dekat dengan mesin terdapat shroud besar yang menambah kesan gagah, serta terdapat tangki berkapasitas 12 liter. Body belakang menggunakan jok model terpisah dan di bagian behel dibuat menyatu dengan rear rack yang dapat berguna juga untuk dudukan box.

Jika Anda melihat desain lampu belakang V-Strom 250 SX Anda akan teringat desain lampu belakang Inazuma 250 yang sudah beredar. Yaitu menggunakan lampu belakang berdesain segitiga dengan lampu sein terpisah.

READ  Tips Menghindari Hydroplaning ketika Mobil Melewati Genangan Air

Kaki-kaki Suzuki V-Strom 250 SX

Beralih ke bagian kaki-kaki penggunaan pelek palang 10 dengan ukuran berbeda antara depan dan belakang. Menegaskan khas dual purpose-nya. Pelek depan berdiameter 19 inci dibalut ban berprofil 100/90 lalu di belakang pelek diameter 17 inci ban 140/70. Kedua ban tersebut menggunakan ban berjenis touring yang dapat digunakan disegala medan.

Di sektor pengereman baik depan maupun belakang sudah menggunakan cakram perbedaannya hanya di penggunaan kalipernya depan kaliper dua piston sedangkan di belakang satu piston. Serta disematkan teknologi ABS dua channel untuk depan belakang.

READ  Merawat Bodi Motor Sport Fairing Agar Tetap Keren, Ternyata Mudah Banget

Suspensi depan menggunakan jenis Telescopic berdiameter as besar untuk meningkatkan kenyamanan saat melewati kondisi jalan yang rusak. Pada suspensi belakang menggunakan monoshock yang dapat diatur preloadernya.

Mesin Suzuki V-Strom 250 SX

Kabarnya Suzuki V-Strom 250 SX menggunakan mesin yang sama dengan Gixxer SF 250. Mesin berkapasitas 250cc, 1 silinder, SOHC, 4 klep manual 6 speed yang menghasilkan tenaga maksimal 26.1 kW / 9000 rpm dan torsi 22.2 Nm / 7300 rpm.

Mesin ini menggunakan teknologi Suzuki Oil Cooling System(SOCS) untuk pendinginan mesinnya, tidak seperti mesin pada umumnya yang menggunakan radiator.

Untuk melindungi mesin dari benturan terdapat Engine Guard, sehingga tidak perlu membeli Engine Guard tambahan.