Tips Jitu Membeli Mobil Idaman

Tips Jitu Membeli Mobil Idaman
Tips Jitu Membeli Mobil Idaman

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan menggunakan mobil, kita bisa mengajak seluruh anggota keluarga, membawa barang bawaan yang lebih banyak serta berlindung dari terik matahari, polusi atau bahkan hujan. Dapat dikatakan bahwa mobil menjadi salah satu alat transportasi favorit keluarga. Nah, untuk Anda yang sekarang sedang ingin membeli mobil, berikut ini adalah tips jitu untuk membeli mobil idaman.

Mencari Informasi

Langkah pertama yang pasti sudah Anda pikirkan ketika hendak membeli mobil yaitu mencari informasi. Anda tentunya bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai mobil yang Anda inginkan. Karena apabila Anda tak memiliki informasi apapun dan hanya langsung datang ke dealer, Anda juga bisa kebingungan, lho.

READ  Macam-Macam Lampu Indikator pada Dashboard Mobil dan Artinya

Dari berbagai macam informasi yang Anda kumpulkan, selanjutnya Anda bisa menyortir jenis mobil yang Anda inginkan. Mulai dari jenis mobil, baik matic ataupun manual, besar bagasi, fitur keamanan, kapasitas, jenis bahan bakar, performa, kenyamanan dan berbagai macam informasi lainnya. Anda juga bisa mempertimbangakn berbagai macam saran dari keluarga maupun teman-teman yang ahli di bidang mobil. Apabila Anda telah menemukan daftar yang tepat, maka penentuan jenis mobil yang pas juga bisa lebih mudah.

Tentukan Budget

Anda ingin membeli mobil untuk kebutuhan atau hanya sekedar ajang pamer? Tips membeli mobil selanjutnya adalah menentukan berapa budget untuk membeli mobil. Apabila penghasilan Anda sudah cukup banyak, bahkan membeli mobil rasanya sudah seperti membeli permen di toko kelontong yang tak perlu berpikir panjang, Anda bisa memilih mobil sesuka Anda. Tetapi, jika penghasilan Anda belum mumpuni untuk hal itu, maka lebih baik jika Anda membeli mobil sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai nantinya Anda terlilit hutang karena tak bisa melunasi pembelian mobil tersebut.

READ  Perbedaan Yamaha Gear S Version dan Standard Version

Anda boleh membeli mobil secara cicilan, namun tetap perhatikan bahwa masih cukup ada sisa untuk makan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Perlu diingat bahwa ketika Anda memutuskan membeli mobil, ada biaya lain juga yang akan Anda tanggung. Seperti biaya bahan bakar, perawatan ataupun asuransi yang turut mengikuti.

Cek Cicilan Mobil

Jika Anda membeli mobil dengan cara kredit, sebaiknya cek cicilan mobil terlebih dahulu. Ada beberapa metode cicilan mobil yang ditawarkan oleh berbagai pihak. Beberapa bank dan dealer tertentu dapat memberikan fasilitas pembelian mobil secara kredit. Tentunya setiap tempat memiliki metode masing-masing.

READ  Suzuki V-Strom SX 250, Siap Menantang Versys 250

Anda bisa membandingkan bunga dari satu bank dengan bank yang lainnya. Mana yang lebih sesuai dengan budget Anda serta tidak memberatkan di akhir. Jika sudah menentukan mana yang tepat, tentunya membeli mobil bisa dilakukan lebih mudah.