Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih
Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Mobil bekas merupakan salah satu alternatif bagi pembeli mobil yang ingin memiliki kendaraan pribadi dengan dana yang terbatas. Penjualan mobil bekas di pasaran cukup bervariasi, mulai dari merek mobil, hingga range harga. Calon pembeli tinggal menyesuaikan harga dan budget dimiliki untuk membeli mobil bekas. Namun, tidak semua mobil bekas memiliki kondisi yang bagus. Pembeli harus memeriksa kondisi dari kendaraan agar tidak salah pilih. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli mobil bekas.

Ajak Teman / Ahli Mekanik
Sebelum membeli mobil bekas, ada baiknya untuk mengajak teman atau ahli mekanik yang mengerti dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. Orang yang lebih berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas bisa mendeteksi kondisi mobil, termasuk adanya kerusakan dan kekurangan. Dengan begitu, peluang mendapatkan mobil dengan kondisi bagus lebih besar.

READ  Keuntungan Membeli Mobil Bekas Secara Kredit Yang Perlu Diketahui

Cek Bagian Eksterior dan Interior Mobil
Salah satu tips yang paling penting dalam membeli mobil bekas adalah mengecek bagian eksterior dan interiornya. Pada bagian eksterior, periksa kondisi mobil secara menyeluruh. Pastikan bahwa kondisi pintu, kap mesin, dan cat mobil masih original. Hal yang terpenting dalam memeriksa bagian mobil adalah kondisi dari rangka mobil. Pastikan rangka mobil tidak ada bekas perbaikan atau tabrakan.

Saat melakukan pemeriksaan pada bagian interior, pastikan komponen seperti AC, sistem audio, switch lampu, serta fitur-fitur keamanan bekerja dengan baik. Setelah itu, cek kondisi jok mobil dan dashboard.

READ  Tips Merawat Mobil untuk Pemula

Periksa Kondisi Mesin
Bagian terpenting selain pengecekan eksterior dan interior mobil adalah bagian mesin. Pastikan kondisi mesin bekerja dengan baik dengan cara menyalakan mesin. Kualitas mesin masih bagus apabila suara yang dihasilkan tidak kasar. Selain itu, pengecekan perlu dilakukan pada komponen-komponen mesin dan perhatikan apakah ada kebocoran atau masalah pada komponennya.

Test Drive Terlebih Dahulu
Membeli mobil bekas pastinya berbeda dengan membeli mobil baru. Lakukan test drive untuk mengetahui apakah kondisi mobil masih bagus atau tidak. Periksa kembali rem, transmisi, dan kaki-kaki mobil saat menguji kenyamanan berkendara mobil tersebut.

READ  Beli Mobil Bekas, Mesti Ganti Fan Belt Mesin?

Lihat Sejarah Perawatan Mobil
Meskipun kondisi mobil bekas berbeda dengan mobil baru, kondisi mobil bekas akan tetap baik apabila melakukan perawatan secara rutin. Periksa kembali catatan service mobil, dan tempat service mobil tersebut. Apabila memungkinkan, pilihlah mobil yang selalu melakukan service di bengkel resmi.

Cek Kelengkapan Surat
Periksa kembali kelengkapan dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan faktur. Pastikan dokumen dari kendaraan tersebut lengkap. Selain itu, cocokan kembali nomor rangka, mesin, dan lainnya dan pastikan bahwa fisik mobil sesuai dengan surat-surat yang ada.