Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas
Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas bisa menjadi alternatif pilihan untuk mereka yang ingin membeli mobil. Alasan utamanya biasanya adalah harganya yang cenderung lebih murah. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tentu mobil murah bisa jadi pilihan utama ketimbang membeli yang baru.

Tak semua mobil bekas memiliki kualitas buruk. Jika Anda jeli memilihnya, bukan tidak mungkin justru mendapat mobil bekas berkualitas baik dengan kondisi mesin yang masih minim kerusakan.

Nah sebelum membeli mobil bekas, ada baiknya untuk menyimak beberapa hal berikut agar Anda bisa mendapatkan yang terbaik.

  1. Survey Harga Mobil Bekas terlebih dahulu

Sebelum membeli mobil bekas, pastikan Anda sudah memiliki referensi harga terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya di portal-portal penyedia mobil bekas sejenis Otonesia.co.id ataupun mengunjungi dealer-dealer mobil bekas terdekat. Dengan begitu, Anda bisa memiliki rentang harga ketika nantinya akan menawar sehingga tidak merasa tertipu.

  1. Pastikan Mobil Pas dengan Kebutuhan Anda
READ  Beberapa Cara Agar Anak Mau Nurut Sama Orang Tua

Mungkin dalam benak Anda menginginkan sebuah mobil yang sudah diimpikan sejak kecil. Namun dalam memilih mobil sebaiknya, Anda tak mementingkan ego sendiri melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan. Bila Anda memiliki anggota keluarga yang banyak, bisa memilih mobil SUV atau mobil MPV yang mampu memuat hingga tujuh orang meskipun Anda punya impian untuk mengendarai sedan.

  1. Melakukan Test Drive

Ini bagian yang cukup penting sebelum Anda membeli mobil bekas. Anda dapat meminta kepada dealer atau sang penjual untuk terlebih dahulu menguji mobil. Tujuannya, Anda bisa memastikan mobil dalam kondisi masih bagus, ataupun Anda bisa mengetahui komponen apa yang sudah tidak layak dan harus diganti nantinya. Usahakan, saat menguji Anda melintas di rute yang cukup panjang dan tak hanya berkeliling di sekitar dealer. Masalah pada mobil mungkin saja baru bisa diketahui ketika diajak jalan jauh.

  1. Mengetahui Riwayat Mobil
READ  Hendra Kurniawan Akui Selidiki Kasus Suap Tambang Ilegal yang Diungkap Ismail Bolong

Jika Anda sudah menguji mobil, ada baiknya juga minta kepada si penjual soal riwayatnya. Mulai dari riwayat perawatan di bengkel ataupun sederet kerusakan yang ada di dalam mobil. Dengan begitu Anda dapat menghindari istilah ‘Membeli Kucing dalam Karung’ alias asal-asalan dalam membeli mobil tanpa mengetahui dengan lengkap riwayatnya.

  1. Melakukan Inspeksi Sendiri

Apabila Anda merasa kurang paham dengan seluk-beluk mesin mobil, ada baiknya untuk mengajak salah satu teman mekanik yang memang lebih mengerti. Karena mungkin saja penjual tersebut mengatakan kondisi mesin masih baik karena tampilannya masih mulus, tapi siapa yang tahu dalamnya. Dengan melakukan inspeksi, Anda dapat menghindari kerusakan yang tak diinginkan nantinya.

READ  Pengemudi Mobil Manual Perlu Hindari Kebiasaan Berikut

Apabila semua hal sudah dilakukan, Anda tinggal melakukan transaksi. Jangan ragu juga untuk melakukan negosiasi harga dengan sang penjual. Maka dari itu Anda harus mengetahui kondisi mobil yang sesungguhnya. Ini bisa menjadi modal Anda untuk melakukan negosiasi dengan si penjual.

  1. Cari Mobil favorit Anda di OTONESIA.CO.ID
    OTONESIA.CO.ID menyediakan listing mobil sudah melewati tahap seleksi dari team inspektor profesional kami. Mobil yang dijual dijamin bebas tabrak, bebas banjir dan masih terawat. Anda juga bisa melakukan test drive #dirumahaja dengan perjanjian, mobil akan diantar sampai depan rumah Anda tanpa repot.