Tips Merawat Cat Mobil agar Tetap Kinclong

Tips Merawat Cat Mobil agar Tetap Kinclong
Tips Merawat Cat Mobil agar Tetap Kinclong

Mobil kini tak lagi dipandang hanya sebagai sebuah alat transportasi tapi juga simbol gengsi dan kebanggaan pemiliknya. Dengan berkembangnya otomotif mobil membuat banyak orang yang ingin memiliki mobil karena kendaraan ini serbaguna, bisa dipakai bekerja, liburan bersama keluarga dan aktivitas lainnya.

Namun banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat body atau cat agar tetap bersih, mulus, dan awet sehingga warna kelihatan pudar. Karena dengan warna body atau cat mobil yang terlihat pudar dan tidak bersih.

Berikut ini beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan para pemilik mobil untuk merawat body atau cat mobil kesayangan Anda :

  1. Parkir Mobil di Tempat Teduh
READ  Manfaat Air Beras untuk Wajah, Kulit & Rambut, Cantik Instan!

Tujuan dari memarkir mobil di tempat yang teduh adalah supaya mobil dapat terhindar dari sinar matahari berlebihan. Selain karena sinar matahari yang dapat memudarkan cat mobil, terdapat pula sinar ultraviolet yang dapat mengubah komposisi warna dalam cat mobil. Maka dari itu, saat berhenti ataupun sekadar mencari tempat parkir di halaman terbuka, carilah tempat parkir yang teduh jika mobil akan diparkir lama. Jika tidak bisa, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.

  1. Gunakan Sabun Khusus Ketika Mencuci Mobil

Terkadang, beberapa pemilik mobil mencuci kendaraannya menggunakan sabun detergen, sabun colek, atau sabun cuci yang tidak jelas mereknya. Tentu hal ini berpengaruh sekali terhadap warna kusam dan memudarnya warna cat mobil. Selain itu, menggunakan sabun cuci yang tidak jelas kualitasnya tentu bisa berdampak pada warna mobil yang belang atau tidak merata.

READ  Pakai Kawasaki Ninja ZX-25R dan Honda CBR250RR Perlu SIM C1?

Meski dibanderol agak mahal, sabun cuci khusus mobil memiliki komposisi dan bahan-bahan yang telah secara khusus dibuat guna merawat warna cat mobil. Lebih baik gunakan sabun cuci khusus mobil dengan harga sedikit mahal daripada harus merogok kocek lebih dalam akibat warna cat mobil yang tak lagi menawan. Selain itu, sempatkan mencuci mobil minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan dua kali seminggu apabila dalam musim penghujan, karena air hujan dapat mengikis warna cat mobil akibat kandungan asam di dalamnya.

  1. Gunakan Kain yang Halus Saat Bersihkan Mobil
READ  Suzuki Identik dengan Kopi, Selain S-Presso Ternyata Pernah Punya Kei-Car Cappuccino

Tips selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Minimal menggunakan kain yang banyak beredar di pasaran seperti kanebo. Hindari pemakaian kain yang asal seperti potongan bekas baju atau bekas handuk karena sekali lagi, benda-benda tersebut tidak didesain untuk membersihkan bagian luar mobil Anda.