Tips Merawat Mobil untuk Pemula

Tips Merawat Mobil untuk Pemula
Tips Merawat Mobil untuk Pemula

Anda yang baru memiliki mobil pada dasarnya tak perlu khawatir untuk urusan perawatannya. Apalagi mobil yang dimiliki masih dalam kondisi baru. Sebab, untuk merawat mobil seperti melakukan pengecekan, Anda cukup melihat buku manual atau pihak bengkel resmi kerap kali menghubungi untuk segera dilakukan pengecekan berkala. Sebaliknya, jika membeli mobil dengan status bekas tentu saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu perbaikan mandiri pasca membelinya dari penjual.

Kendati demikian, membeli mobil baru atau bekas pada dasarnya wajib melakukan perawatan secara rutin. Nah, bagi Anda yang benar-benar baru memiliki mobil atau sangat pemula, dan tidak mengerti soal mobil, ada baiknya perhatikan cara-cara merawat mobil yang cukup mudah sebagai berikut:

  1. Aki

Anda yang baru memiliki mobil harus mengetahui dimana posisi sumber listrik seperti aki berada. Aki memiliki peran penting karena mampu mengaktifkan beragam sistem dan fitur di dalam mobil. Adapun untuk merawat aki caranya mudah, yaitu:

a. Periksa atau bersihkan kutub-kutub aki dari karat yang menumpuk. Hal ini biasanya karena terjadinya reaksi kimia.

b. Pastikan air aki berada ada di level yang seharusnya, tidak kurang atau lebih. Jika kurangan, maka cukup tambahkan air aki sampai level yang ditentukan.

READ  Peneliti Kembangkan 'Skin VR' Nirkabel

c. Pastikan tegangan aki adalah 12 volt. Cara mengukurnya tegangan aki cukup menggunakan alat voltmeter.

  1. Oli

Oli jadi salah satu bagian vital yang dibutuhkan pada sebuah mobi. Oli mesin contohnya, cairan yang disebut pelumas ini berfungsi untuk mengurangi gesekan antara material logam di dalam mesin. Jika tak ada oli, maka biasanya mesin jadi cepat panas, komponen mobil cepat aus, dan pada intinya akan muncul berbagai masalah. Oia, keberadaan oli juga perlu dilakukan pergantian antara 5.000 – 10.000 km atau bisa per enam bulan sekali, mana yang lebih cepat. Selain oli mesin, Anda juga harus tau bahwa ada oli-oli lainnya pada sebuah mobil yaitu oli transmisi, oli gardan, oli rem dan oli power steering. Semuanya berbeda fungsi dan tempat pengisiannya.

  1. Radiator

Jika baru memiliki mobil pastikan selalu mengecek bagian radiator. Cara mengecek radiator sangat mudah, Anda cukup mengisi air pada radiator yang biasanya ada di bagian paling depan di dalam kap mesin. Isilah radiator dengan air bersih, atau cairan khusus untuk radiator agar fungsi radiator bekerja secara baik. Kenapa radiator perlu diisi cairan? Sebab bukan tak mungkin ketika mobil sering digunakan, membuat air radiator habis. Cairan radiator sendiri mampu mendinginkan mesin. Nah, jika air radiator habis tanpa diisi ulang, yang akan terjadi adalah mesin menjadi panas, bahkan bisa membuat mobil terbakar.

  1. Ban
READ  Mengapa Masyarakat Perlu Punya Kendaraan Listrik?

Bagian lain yang perlu dilakukan perawatan adalah ban. Cara paling mudah merawat ban yaitu memeriksa tekanan angin ban minimal dua minggu atau satu bulan sekali. Mengecek tekanan angin ban juga bisa disesuaikan dengan berat muatan atau yang direkomendasi pabrikan dan itu tertera di pintu pengemudi. Bisa juga melakukan rotasi ban dari depan kanan ke belakang kiri dan sebaliknya. Biasanya ban mobil bagian depan lebih cepat aus dibandingkan ban belakang, hal ini dikarenakan ban depan banyak bekerja seperti melakukan pengereman, atau berputar arah ke kanan maupun kekiri. Dengan merotasi ban hal ini juga bisa lebih menghemat pengeluaran.

  1. Lampu-lampu

Lampu-lampu mobil juga perlu dilakukan perawatan. Sebab lampu jadi komponen yang bisa saja tidak berfungsi atau mati secara tiba. Karena itu, gunakan lampu berkualitas yang hemat energi namun lebih tahan lama dan cahaya yang keluar lebih terang serta tidak mengganggu mata. Untuk merawat lampu-lampu, Anda juga bisa mengecek urutan kabel. Sebab, bukan tak mungkin kabel yang menyambungkan ke bagian lampu terlepas atau kendur. Selain bagian kabel, perawatan lampu mobil bisa dilakukan pada bagian mika atau cangkang lampu. Sebab, bukan tak mungkin mika lampu mudah berkabut atau menjadi buram. Alhasil pancaran akan terasa kurang bersinar.

  1. Wiper
READ  Harga Di Bawah Rp200 Juta, Begini Spesifikasi Dan Harga Suzuki S-Presso

Anda yang baru memiliki mobil juga harus memperhatikan bagian wiper. Sebab, wiper tepatnya pada bagian karet perlu dilakukan pergantian minimal enam bulan sekali. Kenapa? Karena karet wiper kerap kali mengalami getas atau elastisitasnya berkurang. Nah jika hal itu terjadi, maka sapuan air yang menerpa kaca mobil kurang maksimal. Selain bagian karet, Anda juga harus melakukan pemeriksaan cairan yang ada di sebuah tangki dengan ukuran mini. Ya, tangki itu merupakan air washer yang akan sangat berguna untuk menghasilkan semprotan pada kaca jendela kotor. Cairan ini juga membuat kaca terlindung dari goresan wiper. Perlu dicatat, pastikan air washer dalam kondisi bersih agar tidak terjadi penyumbatan.