Tips Mudik dengan Mobil Pribadi yang Hemat Namun Nyaman

Tips Mudik dengan Mobil Pribadi yang Hemat Namun Nyaman
Tips Mudik dengan Mobil Pribadi yang Hemat Namun Nyaman

Masyarakat Indonesia biasanya melakukan mudik atau pulang kampung menjelang Lebaran Idul Fitri. syarat mudik dalam berbagai transportasi sudah longgar dibandingkan tahun sebelumnya.

Mudik dengan mengendarai mobil pribadi menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat. Maka dari itu, resiko macet yang bikin lelah dan ngantuk mungkin bisa terjadi di perjalanan kamu.

  1. Bawa perlengkapan kebutuhan si kecil

Mengajak anak yang masih bayi atau balita ketika mudik dengan mobil pribadi bisa bikin orang tua putar otak mencari cara supaya anak tidak rewel. Hal utama yang harus orang tua persiapkan adalah menyiapkan perlengkapan buah hati secara lengkap agar mereka merasa nyaman saat dalam perjalanan. Perlengkapan seperti car seat, popok, tisu kering atau basah, botol dot, obat-obatan, pakaian ekstra bayi, gendongan bayi, hingga pompa ASI wajib dikemas. Dan jangan lupa untuk pastikan kondisi fisik anak sehat juga, ya, Kamu! Catat nomor dokter anak yang sering dikunjungi untuk berjaga-jaga.

  1. Jangan biarkan anak bosan
READ  Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mulus & Bercahaya!

Wajar jika anak tantrum (mengamuk) ketika perjalanan jauh, karena mereka hanya bisa duduk menunggu sampai tiba di tujuan. Mereka akan merasa kelelahan dan bosan jika tidak ada hiburan di dalam mobil. Jika hal itu terjadi, orang tua jangan sampai panik ataupun frustasi. Sebelum perjalanan, persiapkan rencana hiburan yang menarik bagi si kecil. Bawalah mainan kesayangan mereka, mainkan video kesukaan anak, dan bawa cemilan favorit mereka di dalam mobil.

  1. Periksa kondisi mobil

Tips pertama yang harus dilakukan sebelum mudik menggunakan mobil pribadi adalah mengecek kondisi mobil. Hal ini dilakukan agar mengurangi risiko kecelakaan di jalan saat mudik. Periksa bagian mobil pada bagian mesin, rem, oli, roda, serta air bag sebelum berangkat mudik. Jika dalam kondisi yang tidak baik, segera ganti spare part yang baru.

READ  Manfaat Milagros, Minuman Air Alkali yang Datangkan Kebaikan