Toyota Ungkap Alasan Harga BZ4X Di Atas Rp1 Miliar

Toyota Ungkap Alasan Harga BZ4X Di Atas Rp1 Miliar
Toyota Ungkap Alasan Harga BZ4X Di Atas Rp1 Miliar

PT Toyota Astra Motor (TAM) buka suara terkait harga mobil listrik bZ4X yang di atas Rp1 miliar setelah resmi meluncur.

Banderol tersebut tentu dirasa ‘kurang bersahabat’ jika menengok jenama lain yang berlomba-lomba menghadirkan mobil listrik terjangkau.

Pada seremoni peluncurannya, Toyota mengumumkan bZ4X dijual dengan harga resmi Rp1,19 miliar (OTR Jakarta) dalam satu varian saja.

Kendati demikian, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa harga tersebut sudah sangat sesuai dengan target konsumen yang ditujunya.

“Kita menyesuaikan kebutuhan konsumen Indonesia, Battery Electric Vehicle (BEV) masuk dari masyarakat atas dulu, makanya kami masuk dari Lexus (UX 300e),” tuturnya di sela peluncuran bZ4X di Jakarta, Kamis (10/11/2022) lalu.

READ  Toyota Mulai Produksi Mobil Hybrid Toyota Innova Zenix di Indonesia

Anton juga memastikan harga bZ4X akan bertahan saat memasuki 2023, setidaknya pada awal-awal tahun.

“Karena kita launching di akhir tahun maka kami tetapkan sekarang untuk menghindari lonjakan harga di Januari,” papar Anton.

“Begini, ‘kan bisa saja kami buat harganya lebih murah terus kami naikkan tahun depan, tapi kami tidak mau dinamika seperti itu,” imbuhnya lagi.

Perakitan Lokal EV Baru untuk Mobil Hybrid

Harga bZ4X ini pun mengundang pertanyaan apakah Toyota berminat untuk merakitnya—atau EV lainnya secara lokal agar harganya lebih terjangkau.

READ  Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition Teranyar

Namun, Anton enggan bicara lebih jauh terkait hal itu.

“Ini butuh banyak visibility study, volumenya berapa, market-nya berapa besar,” tutur Anton.

“Tapi kami tahu pemerintah arahnya ke sana, pasti kami pelajari dan kami perhatikan secara saksama dan melakukan komunikasi ke prinsipal juga soal posibilty-posibility, tapi sementara yang sudah diputuskan untuk produksi lokal yang hybrid,” jelasnya.

Sebagai informasi, bZ4X merupakan produk impor (Completely Built Up/CBU) yang didatangkan langsung dari Jepang.

Seperti disebutkan sebelumnya, Toyota bZ4x hanya tersedia dalam satu varian saja yakni Panoramic Roof Front Wheel Drive (FWD) dengan bekalan baterai lithium-ion 335 Volt berkapasitas 71,4 kWh.

READ  Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik: Hilang Seketika

Mobil listrik pertama Toyota di Indonesia ini pun diklaim pabrikan mampu menghasilkan tenaga 244 HP dan torsi 266 Nm.

Dalam kondisi baterai penuh, bZ4X mampu menempuh jarak hingga maksimal 500 km. Sebab telah dilengkapi teknologi fast charging maka hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi baterai kosong hingga 80 persen.