Tujuan dan Manfaat Keluarga Berencana, Sehat dan Sejahtera!

Tujuan dan Manfaat Keluarga Berencana, Sehat dan Sejahtera!
Tujuan dan Manfaat Keluarga Berencana, Sehat dan Sejahtera!

Slogan “dua anak lebih baik” mungkin masih kita ingat dengan jelas dalam benak kita. Ya, slogan yang dicanangkan pada program Keluarga Berencana (KB) ini sudah ada sejak era 70-an.

Program KB merupakan program skala nasional yang dikelola oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mengendalikan pertambahan jumlah penduduk maupun menekan angka kelahiran di Indonesia.

Pasangan yang menggunakan program KB pasti memiliki tujuan masing-masing. Tujuan keluarga berencana ini bukan hanya untuk menekan jumlah kelahiran saja lho, Kamu.

READ  Lagu Simpan Hati Jadi Cara TB Aji Obati Luka Hati

Untuk lebih jelasnya, berikut tujuan dan manfaat keluarga berencana dengan mengandalkan alat kontrasepsi yang wajib kamu tahu!

Inilah tujuan kontrasepsi atau program Keluarga Berencana yang lagi digaungkan oleh pemerintah untuk menekan angka populasi. Dibalik itu semua ada manfaat yang bisa diambil, lho, Kamu.

  1. Mengendalikan Kelahiran dan Pertambahan Penduduk

Tujuan keluarga berencana umumnya digunakan untuk mengendalikan kelahiran dan pertambahan penduduk. Program ini berfungsi untuk mengurangi populasi penduduk pada suatu negara agar tidak adanya kepadatan penduduk yang memberikan dampak bagi perekonomian keluarga dan stabilitas negara.

  1. Meningkatkan Taraf Kesejahteraan Keluarga
READ  PB Perbakin Gelar Munas untuk Pilih Ketua Umum yang Baru

Tujuan keluarga berencana selanjutnya yakni untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dengan adanya program KB maka keluarga mampu merencanakan pengeluaran dan kebutuhan keluarga agar seimbang dengan pendapatan yang dimiliki.

  1. Menjaga Kesehatan Keluarga

Dengan adanya program KB diharapkan kesehatan keluarga yang menjadi peserta program KB juga meningkat. Selain kesehatan reproduksi dan mental sang ibu, anak yang dilahirkan juga dapat tumbuh normal dan diberikan kasih sayang yang penuh oleh orang tua.