Ukuran Ban Mobil: Ini Arti dan Daftar Standar yang Ideal

Ukuran Ban Mobil: Ini Arti dan Daftar Standar yang Ideal
Ukuran Ban Mobil: Ini Arti dan Daftar Standar yang Ideal

Ban adalah komponen penting pada sebuah kendaraan. Benda ini memiliki fungsi sebagai ‘alas kaki’ yang mendukung mobil melaju secara stabil, sekaligus penopang beban.

Setiap mobil memiliki standar ukuran ban yang berbeda-beda, maka dari itu kamu harus tahu pasti bagaimana cara membaca standar ukuran mobil agar tidak salah pilih.

Untuk mempermudah kamu memilih ban yang sesuai dengan tipe mobil berdasarkan ukuran velg dan ban yang ideal. Kamu perlu mengetahui lebih lanjut tips dan informasi lengkap berikut ini!

Cara melihat ukuran ban mobil yang paling mudah adalah dengan mengecek dinding ban.

READ  Ban Mobil Cepat Botak, Ada yang Jadi Kebiasaan Kamu?

Biasanya, produsen mobil sudah mencantumkan ukuran beserta dengan detail lain mengenai produk mereka pada sisi dinding mobil.

Tentu, kamu akan melihat deretan angka dan huruf pada dinding ban, bukan? Nah, itulah yang dimaksud dengan detail ban.

Setiap angka dan huruf yang tercantum memiliki arti deatil tertentu, seperti ukuran ban, besar tekanan udara hingga tekanan ban maksimal yang mampu ditahan.

Jenis Ban

Huruf “P” pada ukuran ban menunjukkan bahwa ban tersebut adalah ban P-Metric. Mengacu pada ban yang dibuat dengan standar tertentu di Amerika Serikat, yang ditujukan untuk kendaraan penumpang.

READ  Ban Mobil Suka Kempes Sendiri, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jika ukuran ban tidak memiliki huruf di awal, ini menunjukkan ban metrik Euro. Ban P-Metric dan Euro-Metric mungkin memiliki kapasitas beban yang berbeda.

Sedangkan , untuk kendaran berjenis truk memiliki huruf “LT”, baik di awal atau di akhir ukuran ban.

Lebar Ban

Lebar ban adalah lebar ban yang diukur dalam milimeter dari dinding samping ke dinding samping lainnya.

Tiga digit angka pertama pada ukuran ban mengacu pada lebar ban. Misalnya, ukuran ban tercantum P225/70 R16, maka lebar ban adalah 225 milimeter (mm).

Aspek Rasio

Aspek rasio adalah perbandingan tinggi penampang ban dengan lebarnya. Angka dua digit setelah tanda garis miring pada ukuran ban adalah aspek rasio.

READ  Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza

Misalnya pada ban ukuran P225/70 R16, angka 65 berarti tingginya sama dengan 70% dari lebar ban. Semakin besar aspek rasionya, semakin besar ukuran dinding samping ban.

Konstruksi

Huruf “R” dalam ukuran ban adalah singkatan dari Radial, yang berarti lapisan-lapisan tersebut melapisi ban secara radial.

Diameter Roda

Diameter roda diukur dari jarak satu sisi ke sisi lainnya. Ini mengisyarkan ukuran roda yang sesuai dengan ban. Contoh, ban ukuran P225/70 R16 dibuat untuk roda berdiameter 16 inci.