Wanita Harus Tahu, Tidak Disarankan pakai Rok Ketat saat Nyetir Motor

Wanita Harus Tahu, Tidak Disarankan pakai Rok Ketat saat Nyetir Motor
Wanita Harus Tahu, Tidak Disarankan pakai Rok Ketat saat Nyetir Motor

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, saat ini sudah banyak wanita di jalan yang mengandalkan sepeda motor untuk transportasi harian. Bahkan jumlah pengendara sepeda motor perempuan semakin hari semakin bertambah.

Pengendara perempuan juga harus memahami jika adanya potensi bahaya, melatih dan menguasai keterampilan berkendara di jalan raya.

Banyak Pakai Matic
Meski demikian, mayoritas pengendara wanita yang terlihat di jalan raya menggunakan sepeda motor tipe matic karena lebih mudah dan simple ketika digunakan sehari-hari.

Walaupun tipe sepeda motor apapun mulai dari cub, matic, hingga sport yang digunakan namun tetap wajib mengetahui beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pengendara wanita ketika sedang berkendara

Menurut Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Promotion Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), pada dasarnya baik Wanita pengendara motor matic maupun kopling tetap sama, yakni harus memahami safety riding dalam menggunakan sepeda motor sehari-hari.

READ  Diduga Seorang Anak Korban Malapraktik di RS Kartika Husada Bekasi Meninggal Dunia

Perlengkapan Berkendara dan Sepatu Hak Tinggi
Para pengendara wanita wajib memperhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Helm berfungsi untuk melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala.

Jaket berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan mengurangi bila terjadi gesekan pada bagian tubuh saat terjatuh, dan sarung tangan berfungsi untuk membantu memberikan kenyaman pada bagian hand grip.

Jika ingin nyaman saat berkendara, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. dan bisa menggunakan flat shoes atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor.

READ  Buaya, Reptil Besar Pemakan Daging Terpopuler

Jangan Memakai Rok
Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor dengan memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak.

Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, sebaiknya memakai terlebih dahulu celana yang nyaman dipakai, baru ganti rok di toilet terdekat.

“Para wanita diharapkan agar selalu memperhatikan mulai dari persiapan berkendara dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sekitar untuk selalu cari man,” ujar Ludhy.

READ  Jokowi Groundbreaking 10 Proyek Swasta Rp 45 Triliun di IKN, Desember-Januari Ada Lagi

Menggunakan Sein Sesuai Tujuannya
Demi kenyamanan dan keamanan, hindari membawa tas di samping atau handbag agar tidak tersangkut kendaraan lain. Seperti banyak kasus pengendara wanita menggunakan sein kiri tapi berbelok ke kanan atau sebaliknya,.

Karena itu gunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar tidak membingungkan pengendara lain.

Lalu saat membonceng buah hati, pastikan anak menggunakan safety gear yang lengkap. Posisikan anak di belakang pengendara, dan hindari membawa anak balita sendirian karena balita belum bisa menggunakan safety gear yang lengkap.

Khusus hijabers disarankan menggunakan jaket agar kerudung tidak berkibar dan menutupi lampu belakang.